Penulis Utama : Dany Adi Saputra
NIM / NIP : S431708003
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pendapatan pemerintah daerah terhadap indeks pembangunan manusia (IPM) beserta dimensi-dimensinya. Pendapatan pemerintah daerah dalam penelitian ini meliputi pendapatan asli daerah (PAD), dana bagi hasil (DBH), dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK). Dimensi-dimensi IPM meliputi dimensi: (1) “umur panjang dan sehat” (UPS), (2) “pengetahuan” (PENG), dan (3) “standar hidup layak” (SHL).

Penelitian ini menggunakan sampel pemerintah daerah untuk periode pengamatan 2014-2016. Jumlah pemerintah daerah dalam sampel berturut-turut untuk tahun 2014, 2015, dan 2016 adalah 538, 541, dan 541 sehingga secara keseluruhan sampel penelitian ini menjadi 1620 observasi. Data indeks pembangunan manusia diperoleh dari website Badan Pusat Statistik (BPS), data pendapatan pemerintah daerah diambil dari tabulasi yang dibuat oleh Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Penelitian ini menggunakan analisis regresi untuk menguji hipotesis.

Temuan-temuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, pendapatan asli daerah (PAD) berpengaruh positif terhadap IPM (mendukung H1), dan PAD juga berpengaruh positif terhadap dimensi UPS, PENG, dan SHL (mendukung H1a, H1b, dan H1c). Kedua, dana bagi hasil (DBH) berpengaruh negatif terhadap indeks pembangunan manusia (tidak mendukung H2), dan DBH juga berpengaruh negatif terhadap dimensi UPS, PENG, dan SHL (tidak mendukung H2a, H2b, dan H2c). Ketiga, dana alokasi umum (DAU) berpengaruh negatif terhadap IPM (tidak mendukung H3). DAU juga berpengaruh negatif pada dimensi UPS, PENG, dan SHL (tidak mendukung H3a, H3b, dan H3c). Hasil-hasil tersebut yang tidak mendukung hipotesis-hipotesis bisa disebabkan oleh adanya flypaper effect (inefisiensi penggunaan dana transfer). Keempat, dana alokasi khusus (DAK) berpengaruh positif pada IPM (mendukung H4), dan DAK juga berpengaruh positif pada dimensi UPS, PENG, dan SHL (mendukung H4a, H4b, H4c).

Keywords: Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

×
Penulis Utama : Dany Adi Saputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431708003
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Pendapatan Pemerintah Daerah Terhadap Indeks Pembangunan Manusia di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Akuntansi-S431708003-2019
Kata Kunci : Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Bagi Hasil (DBH), Pendapatan Asli Daerah (PAD), Indeks Pembangunan Manusia (IPM)
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Doddy Setiawan, SE., M.Si., IMRI., Ph.D., Ak
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.