Penulis Utama : Sri Budiyanti
NIM / NIP : D1514108
×

ABSTRAK

Bahan  baku  sangatlah penting  dalam  menunjang  keberhasilan  kegiatan proses produksi. Hal ini disebabkan karena bahan baku sangat  mempengaruhi bentuk dan komposisi produk jadi baik secara kuantitas maupun kualitas serta harga jual produk. Untuk memperoleh bahan baku guna menunjang proses produksi maka perusahaan perlu melakukan pengadaan bahan baku.
Tujuan pengamatan yang dilakukan penulis adalah untuk mengetahui bagaimana prosedur pengadaan bahan baku pada suatu perusahaan khususnya di PT. Batik Danar Hadi Surakarta.
Pengamatan ini dilakukan di PT. Batik Danar Hadi Surakarta yaitu di bagian gudang logistik. Jenis pengamatan ini adalah deskriptif kualitatif dengan pengamatan observasi berperan aktif yaitu ikut berperan serta dalam mengerjakan pekerjaan  yang  ada  di  gudang  logistik.  Teknik  pengumpulan  yang  dilakukan adalah wawancara, observasi,dokumen dan arsip, perekaman.
Hasil yang diperoleh dari pengamatan yang penulis lakukan adalah prosedur pengadaan bahan baku di PT. Batik Danar Hadi Surakarta dimulai dari bagian Planning Production Inventory Control (PPIC) membuat perencanaan kebutuhan bahan baku produksi bulanan untuk diserahkan kepada gudang logistik. Kemudian bagian gudang logistik mengecek persediaan bahan baku, selanjutnya membuat formulir permintaan pembelian. Bagian pembelian menerima formulir permintaan pembelian, setelah itu bagian pembelian melakukan pembelian bahan baku  dengan  supplier.  Bahan  baku  diterima  dan  dilakukan  pengecekan  fisik barang dan dokumen di bagian gudang logistik kemudian disimpan. Dari beberapa kendala dalam pengadaan bahan baku, penulis memberikan saran melakukan koordinasi dengan gudang logistik untuk keterlambatan form purchase order, dan perlunya bantuan dalam pengecekan quality control barang dan penurunan barang dari mobil supplier.


Kata kunci : Prosedur, Pengadaan, Bahan Baku

 

×
Penulis Utama : Sri Budiyanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514108
Tahun : 2017
Judul : Prosedur pengadaan bahan baku di PT. Batik Danar Hadi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Prog. DIII Manajemen Administrasi-D1514108-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muchtar Hadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.