Penulis Utama : Aulia Arum Pratiwi
NIM / NIP : K2315013
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam menjawab soal materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner; dan (2) penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menjawab soal materi Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner.
Subjek utama penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1 SMA Batik 2 Surakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dengan teknik tes berupa soal uraian kognitif untuk mengumpulkan data kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal dan teknik wawancara untuk memperoleh informasi langsung kesalahan-kesalahan dalam mengerjakan soal serta penyebabnya. Analisis jenis kesalahan siswa menggunakan prosedur Newman’s Error Analysis. Uji validitas data mengkonfirmasi data hasil tes dan data hasil wawancara.
Hasil penelitian dinyatakan sebagai berikut: (1) jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa antara lain kesalahan reading recognition berupa siswa salah dalam membaca variabel yang diketahui dalam soal sebesar 2,08 %, kesalahan comprehension berupa salah dalam menentukan apa yang diketahui dalam soal, salah dalam menentukan apa yang ditanyakan, dan salah dalam menjawab soal berbentuk konsep sebesar 9,82 %, kesalahan transformation berupa siswa salah dalam menggunakan rumus atau persamaan sebesar 4,64 %, kesalahan process skill berupa siswa salah dalam memasukkan variabel dalam persamaan, siswa salah menghitung, dan siswa tidak melanjutkan proses perhitungan menuju proses selanjutnya sebesar 16,67 %, kesalahan encoding ability berupa siswa adalah tidak menuliskan satuan dan tidak menuliskan jawaban akhir sebesar 15,77 %, dan soal tidak dijawab sebanyak 0,90 % (2) penyebab siswa melakukan kesalahan yaitu tidak memahami soal, siswa kurang teliti, siswa lupa dan tidak tahu persamaan yang harus digunakan, terburu-buru dalam mengerjakan soal, dan menganggap menuliskan satuan tidak begitu penting.

Kata Kunci : Analisis Kesalahan Newman, Gelombang Berjalan, Gelombang Stasioner.

×
Penulis Utama : Aulia Arum Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2315013
Tahun : 2020
Judul : Analisis kesalahan siswa dalam menjawab soal materi gelombang berjalan dan gelombang stasioner Kelas Xi MIPA Sma Batik 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Pendidikan Fisika-K2315013-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sukarmin, S.Pd, M.Si, Ph.D.,
2. Ahmad Fauzi, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.