Penulis Utama : Wenny Herdana Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113224
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media visual dalam peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Kedungkamal tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7113224-2017
Subyek : MODEL THINK TALK WRITE (TTW)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini, yaitu: (1) Mendeskripsikan penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media visual gambar peristiwa dalam peningkatan  keterampilan menulis puisi; (2) Meningkatkan keterampilan menulis puisi  melalui penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media visual gambar peristiwa, (3) Mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model Think Talk Write (TTW)   dengan media visual gambar peristiwa dalam peningkatan keterampilan menulis  puisi kelas V SDN Kedungkamal Tahun Ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan enam kali pertemuan yang kegiatannya meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa  observasi, wawancara, dan tes. Validasi data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif meliputi reduksi data, penyajian, penarikan kesimpulan.  
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media visual gambar peristiwa sudah dilaksanakan sesuai dengan langkah-langkahnya yaitu pemberian LKS, menganalisis masalah pada LKS dan menulis jawaban sementara (think),  mendiskusikan jawaban sementara dengan kelompok (talk), mengkonstruk hasil diskusi dalam bentuk tulisan (write), mempresentasikan hasil diskusi, menyimpulkan hasil diskusi, (2) penerapan model Think Talk Write (TTW) dengan media visual gambar peristiwa dapat meningkatkan keterampilan menulis puisi kelas V SDN Kedungkamal tahun ajaran 2016/2017 yang dibuktikan dengan meningkatnya nilai keterampilan menulis puisi. Nilai pada tes awal yang mencapai KKM (75) dari 25 siswa hanya 11 siswa atau 44?ngan rata-rata nilai 68. Siklus I yang mencapai KKM yaitu 64,78?ngan rata-rata  73,3. Siklus II yang mencapai KKM yaitu 76?ngan rata-rata 82,56. Siklus III yang mencapai KKM 90?ngan rata-rata 84,68. (3) kendala utama  yang dihadapi, yaitu terdapat siswa yang belum membuat catatan kecil yang berisikan jawaban sementara (think), siswa pasif dalam diskusi kelompok (talk), terdapat siswa yang tidak menulis secara individu hasil diskusi dalam LKS masing-masing (write), siswa masih malu bertanya.
Solusi dari kendala di atas, yaitu guru membimbing siswa supaya membuat catatan kecil yang berisi jawaban sementara (think), guru memotivasi siswa supaya aktif berdiskusi (talk), guru membimbing siswa supaya menuliskan hasil diskusi kelompok pada LKS masing-masing (write), guru membimbing siswa supaya berani bertanya tentang materi yang belum dipahaminya.


Kata kunci: think talk write, media visual gambar peristiwa, keterampilan  menulis  puisi

 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Depan.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
Daftar Pustaka.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ngatman, M.Pd.
2. Drs. Joharman, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP