Penulis Utama : Yetty Wahyuningsih
NIM / NIP : K7113237
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang; (2) meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang; (3) mendeskripsikan kendala dan solusi pada penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang dalam peningkatan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang pada siswa kelas V SDN 3 Selang tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan yang meliputi empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 3 Selang yang berjumlah 21 siswa. Sumber data penelitian ini yaitu siswa dan guru. Teknik pengumpulan data mengggunakan teknik tes dan nontes (observasi dan wawancara). Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) langkah-langkah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang, yaitu: (a) orientasi masalah, (b) pengorganisasian siswa untuk belajar dan mengenalkan media, (c) pembimbingan siswa untuk melakukan penyelidikan dengan media model bangun ruang, (d) penyajian hasil kerja atau diskusi, (e) analisis dan evaluasi proses pemecahan masalah; (2) penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang, terbukti adanya peningkatan persentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I = 78,57% , siklus II = 90,48% dan siklus III = 92,86%; (3) kendala dalam penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang, yaitu siswa kurang tertib saat berkelompok dan berdiskusi, beberapa kelompok masih bingung dan keliru menggunakan media, beberapa siswa tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak berani bertanya, dan tidak mencatat. Solusi dari kendala tersebut yaitu menegur siswa yang kurang tertib dan tidak mencatat, memberi bimbingan kepada semua kelompok saat berdiskusi, siswa dikondisikan agar memperhatikan penjelasan guru dan memotivasi siswa agar berani bertanya.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang dapat meningkatkan hasil belajar matematika tentang sifat-sifat bangun ruang.

Kata kunci: Problem Based Learning, media model bangun ruang, matematika

 

×
Penulis Utama : Yetty Wahyuningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113237
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model Problem Based Learning (PBL) dengan media model bangun ruang dalam peningkatan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDN 3 Selang tahun ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7113237-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Triyono, M.Pd.,
2. Drs. Imam Suyanto, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.