Penulis Utama : Yuditia Ari Prabowo
NIM / NIP : M0111085
×

ABSTRAK

Jumlah penduduk  Jawa Tengah  dari  tahun ke  tahun selalu  mengalami peningkatan.  Pertumbuhan jumlah penduduk dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain luas wilayah, kelahiran, kematian, dan perpindahan penduduk. Untuk mengetahui hubungan antara jumlah penduduk dengan faktor-faktornya dapat digunakan model regresi linier berganda. Salah satu  model regresi linier berganda adalah model regresi robust. Model ini digunakan apabila terdapat pencilan di dalam data. Estimasi pada model regresi robust untuk mengatasi adanya pencilan yaitu Least  Median  of  Squares (LMS).  Dalam  regresi robust estimasi LMS hal yang dilakukan adalah meminimumkan median dari kuadrat sisaan.
Pada penelitian ini data yang digunakan terdapat pencilan sehingga model regresi robust estimasi LMS dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus ini. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui faktor yang berpengaruh terhadap jumlah penduduk di Jawa Tengah.
Hasil dari penelitian ini adalah faktor yang berpengaruh signifikan terhadap jumlah penduduk di Jawa Tengah pada tahun 2015 adalah luas wilayah suatu kabupaten/kota dan angka kelahiran.

Kata kunci : jumlah penduduk, pencilan, regresi robust estimasi LMS.

 

×
Penulis Utama : Yuditia Ari Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0111085
Tahun : 2017
Judul : Faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah penduduk di Jawa Tengah menggunakan model regresi robust dengan estimasi Least Median Of Squares (LMS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. MIPA - 2017
Program Studi : S-1 Matematika
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. MIPA-Jur. Matematika-M0111085-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Yuliana Susanti, M.Si.
2. Drs. Santoso Budi Wiyono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.