Penulis Utama : Aviella Pramastuti
NIM / NIP : F0213017
×

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris terkait pengaruh krisis finansial terhadap kinerja pasar modal dengan mengambil studi kasus analisis dampak perubahan kondisi makroekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan(IHSG) pada fenomenabubble economic  tahun 2008. IHSG memiliki kepekaan yang tinggi terhadap kondisi makro ekonomi di suatu negara. Dengan adanya krisisi finansial global yang menyebabkan perubahan makro ekonomi, maka Indeks Harga Saham Gabungan pada bursa efek pun juga akan mengalami perubahan. Penelitian ini menggunakan lima variabel independen, yang meliputi Gross Domestic Product, inflasi, suku bunga, tingkat angkatan kerja, dan jumlah uang yang beredar. Sementara variabel dependen yang diteliti adalah IHSG pada Bursa Efek Indonesia.

Data yang digunakan dibatasi pada delapan tahun sebelum dan sesudah krisis. Metode analisis menggunakan analisis data kualitatif yang berangkat dari pemrosesan satuan, reduksi data, kategorisasi, serta penafsiran data, dan analisis data kuantitatif yang menggunakan uji asumsi klasik dan regresi linier berganda untuk melihat hubungan antarvariabel. Dari hasil penelitian diketahui bahwa sebelum krisis nilai f = 163.250dengan nilai p = 0,000 (p < 0 xss=removed xss=removed>

Hal ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara variabelsecara simultan baik sebelum maupun sesudah krisis. Sementara itu, berdasarkan uji t yang dilakukan menunjukkan bahwa masing-masing variabel independen memiliki pengaruh yang berbeda-beda terhadap variabel dependen.

×
Penulis Utama : Aviella Pramastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0213017
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Krisis Finansial terhadap Pasar Modal (Studi Kasus: Analisis Dampak Perubahan Kondisi Makro Ekonomi terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia pada Fenomena Bubble Economic Tahun 2008)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAK. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. Ekonomi dan Bisnis Jur.Manajemen-F0213017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Heru Agustanto S.E.,M.S.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.