Penulis Utama : Faisal Surya Pratama
NIM / NIP : E0014142
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui kekuatan pembuktian Visum et Repertum dalam tindak pidana pencurian yang berakibat kematian disesuaikan dengan ketentuan yang terdapat dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana. Penelitian ini merupakan penelitian hukum normatif yang bersifat preskriptif atau terapan dengan pendakatan studi kasus. Sumber bahan hukum yang digunakan dalam penelitian ini adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder. Teknik pengumpulan bahan hukum yang digunakan penulis adalah studi dokumen atau studi kepustakaan. Teknik analisis bahan hukum dalam penelitian ini bersifat deduksi dengan metode silogisme.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan menghasilkan simpulan bahwa Kekuatan pembuktian alat bukti visum et repertum dalam Tindak Pidana pencurian yang berakibat kematian dengan Terdakwa Anak telah sesuai dengan ketentuan yang terdapat dalam Pasal 133 ayat (1) dan ayat (2) jo Pasal 179 ayat (1) jo Pasal 187. Majelis Hakim menyatakan dalam pertimbangannya bahwa alat bukti berupa visum et repertum digunakan sebagai hakim dalam pertimbangannya untuk menjatuhkan putusan terhadap Terdakwa Anak. Oleh sebab itu, Majelis Hakim menyatakan dalam pertimbangannya bahwa visum et repertum mebantu untuk memenuhi unsur kelima yakni “yang dilakukan oleh dua orang atau lebih dengan bersekutu, yang mengakibatkan kematian” sebagaimana dalam dakwaan Penuntut Umum Pasal 365 ayat (4) KUHP adalah alat bukti sah sebagaimana diatur menurut Pasal 184 ayat (1) huruf c KUHAP.
Kata Kunci :Pembuktian, Pencurian, Visum et Repertum

×
Penulis Utama : Faisal Surya Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0014142
Tahun : 2018
Judul : Analisis kekuatan pembuktian visum et repertum dalam pertimbangan hakim memutus terdakwa anak perkara pencurian dengan pemberatan yang berakibat kematian korban
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2018
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS- Fak. Hukum- E0014142- 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Rustamaji SH., MH
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.