Penulis Utama : Rara Natya Dehvi
NIM / NIP : F3414068
×

ABSTRAK


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk ekstensifikasi  dan intensifikasi yang dilakukan oleh BPPKA Kota Surakarta dan peningkatan pendapatan pajak daerah dengan dilakukannya ekstensifikasi dan intensifikasi serta pengaruhnya terhadap pendapatan asli daerah Kota Surakarta selama tahun 2013-2016.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Data primer yang digunakan didapat dari BPPKA Kota Surakarta selama magang dan hasil wawancara serta dilengkapi data sekunder yang diperoleh dari buku-buku dan penelitian sebelumnya.
Hasil dari penelitian ini yaitu kegiatan ekstensifikasi dan intensifikasi pajak daerah di Kota Surakarta berpengaruh terhadap penerimaan pajak daerah dimana pendapatan pajak daerah mempunyai proporsi terbesar dalam meyumbang pendapatan asli daerah di Kota Surakarta. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya realisasi setiap tahunnya dan mencapai anggaran yang telah ditetapkan. Peningkatan ini juga disebabkan faktor lainnya yaitu masuknya pajak air tanah, BPHTB dan PBB sebagai pajak daerah sehingga secara otomatis menambah pendapatan pajak daerah.
Kesimpulan dari penelitian ini, upaya ekstensifikasi dan intensifikasi pajak daerah di Kota Surakarta dinilai efektif dengan rata-rata tingkat pertumbuhan pajak daerah sebesar 33.51%.
Berdasarkan hasil penelitian, penulis memberi saran kepada BPPKA untuk lebih meningkatkan lagi kerjasama internal tim khusus ekstensifikasi dan secara intensif melakukan sosialisasi serta menambah jumlah SDM agar pelaksanaan ekstensifikasi dan intensifikasi pajak daerah berjalan lebih optimal.


Kata Kunci: EKSTENSIFIKASI PAJAK, INTENSIFIKASI PAJAK, PAJAK DAERAH

 

×
Penulis Utama : Rara Natya Dehvi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3414068
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak Terhadap Penerimaan Pajak Daerah dalam Rangka Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FAK. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Perpajakan
Kolasi :
Sumber : UNS-FAK. Ekonomi dan Bisnis Prog. DIII Perpajakan-F3414068-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Trisninik Ratih Wulandari, SE., M.Si., Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.