Penulis Utama : Tutik Ika Wahyuningrum
NIM / NIP : K1212069
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) jenis unsur pembangun cerita; (2) wujud nilai religiusitas; (3) relevansi cerita pendek majalah Smarteen sebagai bahan ajar di Sekolah Menengah Atas.
 
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi.Penelitian ini memotret dan mengamati kontelasi cerita pada cerita pendek majalah Smarteen.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan.
 
Hasil penelitian ini adalah (1) unsur pembangun cerita terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, amanatdan latar belakang penulis sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan siswa; (2) nilai religiusitas yang ditemukan, yakni bersyukur, tauhid, berbaik sangka atau khusnuzon, tawakal, rida orang tua, dan silaturahim; (3) terakhir cerpen majalah Smarteen potensial sebagai bahan ajar. 

×
Penulis Utama : Tutik Ika Wahyuningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1212069
Tahun : 2019
Judul : Unsur Pembangun dan Nilai Religiusitas Cerita Pendek majalah Smarteen serta Relevansinya Sebagai Bahan Ajar di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Bahasa Indonesia-K1212069-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S, M.Hum.
2. Budi Waluyo, S.S, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.