Penulis Utama : Setya Adi Nugraha
NIM / NIP : C0510040
×

Penelitian sejarah Pasukan T Ronggolawe di daerah gerilya Gunung Sumbing ini mempunyai tiga tujuan: pertama, untuk mengetahui latar belakang dan sejarah terbentuknya Pasukan T- Ronggolawe, kedua, bagaimana koordinasi Pasukan T-Ronggolawe dengan pasukan lain dalam menghadapi Agresi Militer II Belanda di sekitar Gunung Sumbing, ketiga mengetahui strategi apa yang diterapkan oleh pasukan T-Ronggolawe pada saat terjadinya Agresi Militer II Belanda di wilayah Gunung Sumbing.
Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang dimulai dengan tahap heuristik, yaitu pengumpulan data. Tahap selanjutnya kritik sumber, yakni untuk mendapatkan data yang sesuai, sumber perlu dibandingkan dan dikritik (ekstern dan intern). Selanjutnya, interpretasi yakni tahap menganalisis data yang diperoleh  sehingga memperoleh fakta-fakta yang terjadi dalam suatu peristiwa, dan yang terakhir menuliskan laporan penelitian atau  yang disebut dengan historiografi. Sumber primer yang digunakan antara lain arsip dan wawancara. Adapun sumber sekunder antara lain buku, artikel dan penelitian lainnya yang setema.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pasukan T Ronggolawe adalah salah satu bentuk perjuangan para pelajar Semarang hingga akhirnya menjadi suatu kesatuan militer dalam upaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Agresi Militer Belanda II dan gerilya yang dilakukan oleh Pasukan T menjadi ajang pembuktian perjuangan dalam pertempuran. Perjalanan yang unik dari latar belakang terbentuknya pasukan di Semarang, bergabung dengan Divisi Ronggolawe di Cepu, dan gerilya di Magelang-Wonosobo membuktikan bahwa Pasukan T Ronggolawe adalah suatu kesatuan militer yang sanggup ditempatkan dimanapun. Upaya dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia tidak serta merta karena perjuangan para tentara, dalam hal ini masyarakat juga banyak terlibat. Salah satunya adalah membantu gerilya para pasukan yang berperang.   

Kata kunci:  militer, Pasukan T Ronggolawe, gerilya

 

 

×
Penulis Utama : Setya Adi Nugraha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0510040
Tahun : 2017
Judul : Peranan pasukan T (Tjadangan) Ronggolawe dalam Agresi Militer II Belanda 1948-1949 di daerah gerilya Gunung Sumbing
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Ilmu Sejarah-C0510040-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Umi Yuliati, S.S., M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.