Penulis Utama : Winarti
NIM / NIP : K6413077
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana ketersediaan sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang digunakan kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura. (2) Apakah materi dalam sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang digunakan kelas X sudah memenuhi kesesuaian keilmuan PPKn. (3) Bagaimana kemudahan sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan yang digunakan kelas X di SMA Negeri 1 Kartasura.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskripsif kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, tempat, peristiwa dan dokumen. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh dan menyusun data penelitian ini adalah dengan wawancara, observasi, analisis dokumen dan focus group discussion. Validitas data menggunakan trianggulasi data dan trianggulasi metode. Analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan tahap-tahap: (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) sajian data, (4) pengambilan kesimpulan. Adapun prosedur penelitian dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) tahap persiapan, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap analisis data, (4) tahap penyusunan laporan penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa: Pertama Ketersediaan sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan belum memadai karena yang tersedia hanya: (1) buku yang terdiri dari LKS, Buku Siswa dan Buku Guru, dan (2) bahan yang berupa website.Kedua Analisis materi yang terdapat dalam sumber belajar mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan menunjukkkan bahwa khusus isi materi Wawasan Nusantara belum memenuhi kesesuaian keilmuan PPKn karena materi yang ada hanya menyajikan civic knowledge dan civic disposition, sementara civic skill nya belum sepenuhnya disajikan karena baru memenuhi komponen intellectual skills sementara komponen participatory skills belum tercapai. Ketiga Sumber belajar yang digunakan terdiri: (1) buku yang terdiri dari LKS, Buku Siswa, Buku Guru, dan (2) bahan yang berupa website, mudah untuk digunakan dalam artian semua siswa mampu memanfaatkannya karena sumber belajar tersebut dalam pengoperasianya tidak membutuhkan skill khusus yakni tidak memerlukan persiapan yang lama, tidak membutuhkan perangkat pendukung lain yang rumit dan semua siswa mampu mengoperasikannya.

 

Kata kunci: Analisis Sumber Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

×
Penulis Utama : Winarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6413077
Tahun : 2017
Judul : Analisis sumber belajar mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan di SMA Negeri 1 Kartasura
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K6413077-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Wijianto, S.Pd.,M.Sc
2. Dr. Winarno. S.Pd., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.