Penulis Utama : Adi Yurmansyah
NIM / NIP : S561308001
×

Latar Belakang: Nyeri pasca hemoroidektomi Whitehead merupakan salah satu komplikasi yang sering dikeluhkan dalam 24 jam pertama pasca operasi sehingga banyak upaya yang dilakukan untuk meminimalkan rasa nyeri pasca hemoroidektomi Whitehead.

Tujuan : Mengetahui perbedaan efek analgetik pada pemberian analgetik ketoprofen suppositoria dan ketoprofen injeksi intravena terhadap rasa nyeri pada pasien pasca hemoroidektomi Whitehead.

Metode :Penelitian ini merupakan penelitian randomized controlled trial double sampling. Sampel penelitian 26 pasien laki-laki dengan hemoroid gr. III dan IV dibagi 2 kelompok, dimana kelompok I (diberikan analgetik ketoprofen suppositoria) dan kelompok II (diberikan analgetik ketoprofen injeksi) dengan masing-masing jumlah sampel 13, dengan menilai Visual Analog Score 24 jam pasca  hemoroidektomi Whitehead.

Hasil : Sebanyak 26 sampel diperoleh hasil 8 pasien dengan  hemoroid gr.  III dan 18 pasien  hemoroid gr. IV dengan hasil uji statistik didapatkan nilai p=0,202 (p>0,05) yang berarti bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan karakteristik pasien berdasarkan diagnosis antara kelompok ketoprofen suppositoria dengan ketoprofen injeksi,

Simpulan : Dari hasil analisis statistik data penelitian terdapat perbedaan yang signifikan tingkat nyeri antara kelompok ketoprofen suppositoria dengan ketoprofen injeksi 24 jam pasca hemoroidektomi Whitehead.

Kata Kunci : Analgetik, ketoprofen, hemoroidektomi Whitehead

×
Penulis Utama : Adi Yurmansyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S561308001
Tahun : 2018
Judul : Perbedaan pemberian analgetik ketoprofen suppositoria dan ketoprofen injeksi intravena terhadap rasa nyeri pada pasien pasca hemoroidektomi whitehead
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : PPDS Ilmu Bedah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Bedah-S561308001-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agus Rahardjo, dr., Sp.B(K)BD
2. Dr. Untung Alifianto, dr., Sp.BS
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.