Penulis Utama : Ari Wardayanti
NIM / NIP : I0313017
×

Permintaan baterai lithium ion meningkat dari tahun ke tahun sehubungan dengan peningkatan permintaan terhadap peralatan elektronik portable yang menggunakan baterai lithium sebagai sarana penyimpanan energi. Di Indonesia perrmintaan terhadap baterai lithum ion juga meningkat, namun hal ini tidak dapat dipenuhi oleh supplier dari dalam negeri. Selama ini Indonesia mendapat pasokan baterai  lithium  ion  dari  supplier  luar  negeri  terutama  dari  China.  Perkembangan baterai lithium ion di Indonesia saat ini berada dalam tahap pengkajian dan pengembangan untuk kendaraan bermotor (mobil listrik). Hal ini ditandai dengan adanya beberapa laboratorium milik pemerintah atau universitas dan perusahaan manufaktur yang sudah mulai melakukan penelitian untuk pengembangan dan memproduksi baterai lithium ion misalnya ITS, UNS, UGM, ITB, B4T Bandung, LIPI, PT LEN, PT Hikari Solusindo Sukses, DSBC dan PT Nipress.

Untuk mendukung proses pengembangan dan produksi baterai lithium salah satu yang menjadi faktor penting yaitu ketersediaan bahan baku. Karena bahan baku di Indonesia terbatas dan mayoritas berasal dari luar negeri maka penting bagi RnD dan  manufaktur  untuk  memilih  supplier  material  baterai  lithium  ion  yang  tepat. Dalam  memilih supplier perlu dipertimbangkan faktor positif yaitu berupa benefits dan opportunities sedangkan faktor negatif yaitu costs dan risks. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model pemilihan supplier material baterai lithium ion dengan  menggunakan  FAHP  (Fuzzy  Analytical  Hierarchy  Process)  dan  analisis BOCR (Benefits, Opportunites, Costs and Risks). FAHP digunakan untuk membobotkan kriteria dan subkriteria yang dipertimbangkan dalam memilih supplier sedangakan analisis BOCR digunakan untuk menambah analisis dalam memilih supplier yang tepat.

Pada pemilihan supplier material baterai lithium ion merit yang menjadi pertimbangan utama adalah cost, kemudian benefits, risks dan opportunities. Untuk subkriteria yang menjadi pertimbangan utama dalam merit costs adalah harga produk dan freight cost, merit benefits adalah tingkat hasil akhir dan reliabilitas produk, merit risks adalah supplier capability’s limit dan variansi harga, sedangkan merit opportunities adalah kemampuan cost reduction dan kemampuan manufaktur mendatang.

Kata kunci :  Baterai Lithium Ion, BOCR, FAHP, Pemilihan Supplier
xviii + 154 halaman; 59 tabel; 34 gambar; 11 lampiran
Daftar Pustaka : 54 (1965 – 2016)

×
Penulis Utama : Ari Wardayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0313017
Tahun : 2017
Judul : Pemilihan Supplier material baterai lithium ion dengan FAHP (Fuzzy Analytical Hierarchy Process) dan analisis BOCR (Benefits, Opportunities, Costs and Risk)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2017
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Industri-I0313017-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.