Penulis Utama : Sidiq Aji Pamungkas
NIM / NIP : S841702014
×

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) ) Menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk-bentuk ketidakadilan gender dalam cerita pendek yang dipublikasikan di surat kabar nasional Indonesia tahun 2017; 2) Menjelaskan dan mendeskripsikan emansipasi perempuan dalam cerita pendek yang dipublikasikan di surat kabar nasional Indonesia tahun 2017; 3) Menjelaskan dan mendeskripsikan nilai-nilai sosial yang terkandung dalam cerita pendek yang dipublikasikan di surat kabar nasional Indonesia tahun 2017; 4) Menjelaskan  dan  mendeskripsikan  nilai  feminisme  dan  nilai  sosial  dalam  cerita pendek yang dipublikasikan di surat kabar nasional Indonesia dengan pembelajaran teori sastra di pergururan tinggi.
Penelitian ini merupakan peneliian kualitatif dengan deskriptif kualitatif. Strategi penelitian menggunakan content analysis. Content analysis dalam peneilitian ini digunakan untuk mengidenifikasi nilai feminisme dan nilai sosial dalam cerita pendek surat kabar nasional. Sumber data dalam penelitian ini cerita pendek surat kabar.
Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan teknik wawancara. Validitas data yang digunakan menggunakan triangulasi teori dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah induktif dengan menggunakan prosedur fenomenologis.
Hasil  penelitian  ini  menunjukkan:  1)  terdapat  tiga unsur ketidakadilan  peran gender dalam 9 cerpen yang dianalisis, yaitu kekerasan, subordinasi, dan stereotip; 2) Emansipasi  perempuan  yang  ditemukan  adalah  ketegaran  menghadapi  persoalan hidup,kemandirian, kebebasan menentukan pilihan, dan perjuangan dalam melawan ketidakadilan; 3) nilai sosial yang terkandung dalam cerita pendek adalah nilai sosial kasih sayang berupa pengabdian dan kepedulian, nilai sosial tanggung jawab berupa empati dan rasa memiliki, serta nilai sosial keserasian hidup berupa kerjasama; 4) cerita  pendek  dalam  surat  kabar  dapat  digunakan  sebagai  bahan  diskusi  dalam pengajaran sastra karena cerita pendek dalam surat kabar memiliki bahasa, psikologi tokoh, dan budaya tokoh yang telah disaring sesuai pembaca remaja sampai dengan tua.

Kata Kunci : feminisme, nilai sosial, ketidakadilan gender, relevansi, cerita pendek

×
Penulis Utama : Sidiq Aji Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841702014
Tahun : 2019
Judul : Feminisme dan Nilai Sosial dalam Cerita Pendek Surat Kabar Nasional di Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841702014-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sarwiji Suwandi, M. Hum.
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.