Penulis Utama : Robit Nurul Jamil
NIM / NIP : S861708018
×

Abstrak

Pembelajaran sejarah dalam polarisasi pendidikan, konteks ketokohan jarang menyinggung soal nilai sejarah. Tujuan pembelajaran nilai dalam pendidikan seharusnya menjadi aksentuasi pembelajaran sejarah. Nilai yang di dapat dari analisis peristiwa,cerita,kisah sejarah dalam penelitian ini adalah mengenai sosok Gayatri Rajapatni perempuan dibalik kejayaan majapahit. Tujuan penelitian ini adalah :1). Menganalisis kajian historis dan Ikonografi candi Gayatri Rajapatni di Boyolangu. 2). Mendiskripsikan   Narasi   Self-Esteem   Gayatri Rajapatni dengan pendekatan Psychohistory. 3). Mengimplementasikan nilai Self- Esteem Gayatri Rajapatni dalam bentuk enrichment pembelajaran sejarah di SMA Darussholah Singojuruh.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif research. Teknik pengunpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, obsevasi, dan studi dokumentasi,   Validasi   data   dilakukan   dengan   trianggulasi   sumber,   dan trianggulasi metode, Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif,  yaitu  reduksi  data,  sajian  data,  dan  penarikan  kesimpulan  atau verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan 1). Kajian historis dan ikonografi candi gayatri   rajapatni   memberikan   sumbangan   literasi   pada   sejarah   ketokohan nusantara khususnya pada kerajaan majapahit. Nilai-nilai kejuangannya perlu di analisis guna mendapati nilai tambah dalam kehidupan. 2). Demi tujuan penelitian dan kebutuhan pendidikan guna menyelami kehidupan gayatri dibutuhkan pendekatan khusus untuk mengexplorasi nilai-nilai tokoh. Salah satu pendekatan itu adalah psychohistory (studi motivasi). Keputusan-keputusan yang di ambil tokoh  Gayatri  rajapatni  mengandung konsep  self-esteem  yang  dapat  dijadikan pijakan dalam menata aktivitas sosial. Hal itu perlu kita ejawantahkan lebih, untuk mencari kebutuhan dalam problematik sosial masa kini sehingga pada penelitian ini nilai self-esteem yang didapat dari perantauan psychohistory gayatri akan di implementasikan kedalam pembelajaran sejarah berbentuk enrichment. 3). Implementasi nilai self-esteem Gayatri dalam pembelajaran sejarah memberikan stimulus respons kepada peserta didik guna mencari  keber-artian belajar sejarah. Memberikan enrichment pembelajaran sejarah yang mampu mengatasi masalah pembelajaran sejarah di sekolah serta mennyokkong pembelajaran sejarah lainnya.

Kata Kunci : Narasi Self-esteem, Gayatri Rajapatni, Psychohistory, Enrichment
Pembelajaran Sejarah

×
Penulis Utama : Robit Nurul Jamil
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S861708018
Tahun : 2019
Judul : Narasi Self-Esteem Gayatri Rajapatni melalui Pendekatan Psychohistory sebagai Enrichment Pembelajaran Sejarah di SMAN Darussholah Singojuruh Kabupaten Banyuwangi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Sejarah-S861708018-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd.
2. Dr. Diono. M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.