Penulis Utama : Erika Dewi Kusumawati
NIM / NIP : K7115059
×

ABSTRAK
 
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep materi keragaman budaya masyarakat Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) pada peserta didik kelas V SD Negeri Sambirejo 1 tahun pelajaran 2018/2019  Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V dan guru kelas V SD Negeri Sambirejo 1 tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik uji validitas data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif dan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelas pada pratindakan adalah 55,65 dengan persentase ketidaktuntasan sebesar 100%, kemudian meningkat pada siklus I dengan rata-rata 69 dan persentase ketuntasan klasikal 61,29%  dan meningkat lagi pada siklus II dengan rata-rata mencapai 80,55 dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 83,88%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Meaningful Instructional Design (MID) dapat meningkatkan pemahaman konsep keragaman budaya masyarakat Indonesia pada peserta didik kelas V SD Negeri Sambirejo tahun pelajaran 2018/ 2019.
 
Kata kunci: model pembelajaran, Meaningful Instructional Design (MID), pemahaman konsep, keragaman budaya masyarakat Indonesia.

×
Penulis Utama : Erika Dewi Kusumawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115059
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran meaningful instructional design (mid) untuk meningkatkan pemahaman konsep keragaman budaya masyarakat Indonesia
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Prog. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K7115059-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Hasan Mahfud, M.Pd.,
2. Dr. Hartono, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.