Penulis Utama : Hastra Reza Satyatama
NIM / NIP : F0113047
×

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh BI Rate, nilai tukar rupiah, harga emas dunia, harga minyak dunia, dan Indeks Dow Jones terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan. Penelitian ini menggunakan data time series, yaitu data bulanan dari tahun 2009-2016.

Uji Error Correction Model-Engle Granger (ECM-EG) diterapkan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan jangka panjang dan jangka pendek antara variabel dependen dan independen.

Hasil analisis menunjukkan bahwa BI Rate berpengaruh secara negatif dan tidak signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan. Nilai tukar rupiah dan harga emas dunia khusunya dalam jangka panjang menunjukkan
pengaruh negatif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan. Harga emas dunia khususnya dalam jangka pendek dan harga minyak dunia berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan. Sementara itu Indeks Dow Jones memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap indeks harga saham sektor pertambangan.

Melalui penelitian ini, sebaiknya pemerintah memiliki kebijakan yang tepat untuk meminimalisir dampak dari makroekonomi seperti BI Rate serta nilai tukar rupiah terhadap indeks harga saham sektor pertambangan. Bagi para investor di sektor pertambangan, sebaiknya memperhatikan nilai tukar rupiah serta Indeks Dow Jones yang berpengaruh secara signifikan pada indeks harga saham sektor pertambangan.

Kata Kunci: Indeks Harga Saham, Sektor Pertambangan, Bursa Efek Indonesia, ECM


 

 

 

×
Penulis Utama : Hastra Reza Satyatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0113047
Tahun : 2017
Judul : Analisis Harga Emas, Harga Minyak, dan Indeks Dow Jones Terhadap Indeks Harga Saham Sektor Pertambangan di BEI Tahun 2009-2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : S-1 Ekonomi Pembangunan
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Jur. Ekonomi Pembangunan-F0113047-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riwi Sumantyo, S.E, M.M
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.