Penulis Utama : Mahanani Isworo Siwi
NIM / NIP : F3314068
×

Abstrak
Sistem penggajian merupakan salah satu sistem yang penting yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sistem penggajian merupakan gambaran dari proses bagaimana gaji dapat tersalurkan ke pegawai di suatu Instansi atau Perusahaan. Tujuan dari penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem penggajian yang ada di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lawu Karanganyar apakah sudah sesuai dengan teori tentang penggajian ataukah belum.
Selain itu penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan sistem penggajian di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lawu Karanganyar serta untuk mengevaluasi sistem yang ada di Perusahaan. Pengumpulan data dalam penulisan tugas akhir ini dilakukan dengan cara yang pertama yaitu dengan melakukan observasi secara langsung di Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lawu Karanganyar dan yang kedua yaitu dengan melakukan wawancara dengan staff yang berkaitan dengan masalah penggajian.
Hasil dari penelitian yang dilakukan di lapangan, penulis menemukan beberapa kelemahan dan kelebihan yang ada pada sistem penggajian di PDAM Tirta Lawu Karanganyar. Kelemahan yang ditemukan diantaranya yaitu tidak adanya SOP tentang penggajian, tidak adanya kesinkronan antara slip gaji dengan transfer gaji, tidak adanya penyertaan perhitunga PPh 21 dalam daftar gaji serta penanganan pembuatan daftar gaji belum ditangani oleh bagian yang seharusnya menangani pembuatan daftar gaji. Sedangkan kelebihannya adalah dokumen yang digunakan serta unsur-unsur yang mempengaruhi penggajian sudah sesuai dengan kebutuhan perusahaan, pembayaran gaji melalui ATM merupakan cara yang aman dan efektif serta dokumen-dokumen yang dikeluakan sudah dilengkapi dengan nomor surat.
Kata Kunci : Sistem Akuntansi Penggajian

 

×
Penulis Utama : Mahanani Isworo Siwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3314068
Tahun : 2017
Judul : Evaluasi Sistem Akuntansi Penggajian Pada Perusahaan Daerah Air Minum Tirta Lawu Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ekonomi dan Bisnis - 2017
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi Prog. DIII Akuntansi-F33140682017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Lulus Kurniasih S.E., M.Si., Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.