Penulis Utama : Faizah Yasarah Razaq
NIM / NIP : M0514015
×

ABSTRAK

Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) merupakan suatu permasalahan yang berkaitan dengan penentuan rute kendaraan untuk mengirimkan barang dari depot kepada sejumlah pelanggan dengan permintaan yang telah diketahui sebelumnya dan menggunakan sejumlah kendaraan dengan kapasitas tertentu. Penelitian ini, membahas konsep algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) pada kasus CVRP untuk meminimalkan biaya distribusi di sebuah perusahaan air mineral PT Guwatirta Sejahtera. Proses algoritma PSO dimulai dengan menentukan parameter yang digunakan dalam proses perhitungan. Inisialisasi awal berupa pembangkitan sejumlah kawanan partikel, dengan posisi awal random dan kecepatan awal bernilai 0. Proses selanjutnya adalah menghitung nilai fungsi tujuan, menentukan nilai posisi terbaik dalam setiap partikel (Pbest), dan menentukan nilai posisi terbaik seluruh partikel (Gbest). Setelah didapatkan usulan rute terbaik algoritma PSO, sistem melakukan pengecekan permintaan barang setiap Agen untuk membuat rute kembalinya kendaraan menuju depot dan mengisi ulang muatan, kemudian melanjutkan perjalanannya. Sistem yang dihasilkan terbukti mampu mengurangi biaya distribusi sebesar 31.05%.

Kata Kunci: Particle Swarm Optimization, Algoritma PSO, Capacitated Vehicle Routing Problem, CVRP, PT Guwatirta Sejahter

×
Penulis Utama : Faizah Yasarah Razaq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0514015
Tahun : 2019
Judul : Penerapan Algoritma Particle Swarm Optimization (Pso) Pada Capacitated Vehicle Routing Problem (Cvrp) (Studi Kasus: Pt Guwatirta Sejahtera Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FMIPA - 2019
Program Studi : S-1 Informatika
Kolasi :
Sumber : UNS-FMIPA Informatika-M05140152019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Bambang Harjito, M.App.Sc., Ph.D
2. Dr. Wiharto, S.T, M.Kom
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.