Penulis Utama : Dewi Norita
NIM / NIP : K3112020
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototipe-1 panduan keterampilan gaya belajar yang menstimulasi multiple intelligences berbasis kajian teoritik dan empirik yang siap diuji validitas, kepraktisan dan keefektifannya: untuk siswa SMP.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan (Research and Develpoment), namun hanya sampai pada tahap prapengembangan yaitu tahap pembuatan produk. Subjek penelitian ini adalah peserta didik SMP Negeri kelas VII, VIII dan IX se-eks Karesidenan Surakarta. Data yang didapatkan dari lapangan berupa data kebutuhan dan kepentingan peserta didik, perolehan data berdasarkan tiga responden yang terdiri dari peserta didik, orang tua dan guru BK. Hasil persentase kebutuhan dan kepentingan tertinggi akan dijadikan judul penelitian ini.
Hasil penelitian ini terbagi menjadi tiga yaitu: Pertama, kajian empirik diperoleh data tingkat kebutuhan dan kepentingan peserta didik dari 3109 responden menghasilkan persentase 59,11% sangat butuh, 36,16 % merasa butuh dan 60,24% merasa sangat penting, 35,51% merasa penting terhadap pengembangan keterampilan gaya belajar untuk meningkatkan prestasi di sekolah. Kedua, kajian teoritik berisi mengenai gaya belajar multiple intelligences meliputi pengertian gaya belajar, pengertian multiple intelligences, macam-macam multiple intelligences, karakteristik multiple intelligences, cara belajar multiple intelligences, cara mengukur multiple intelligences, dan cara meningkatkan multiple intelligences. Ketiga, berdasarkan kajian empirik dan teoritis tersebut penelitian ini menghasilkan prototipe satu berupa“Panduan Layanan Bimbingan Untuk Meningkatkan Keterampilan Gaya Belajar Multiple Intelligences bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama”.
Simpulan hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan panduan yang akan diujikeefektifan dan kepraktisan.
Kata kunci : Panduan Gaya Belajar, Multiple Intelligences, Siswa SMP

×
Penulis Utama : Dewi Norita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3112020
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan panduan peningkatan keterampilan gaya belajar dengan menstimulasi Multiple Intelligences siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Eks Karesidenan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Bimbingan dan Konseling-K3112020 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Edy Legowo, M.Pd.
2. Rian Rokhmad Hidayat, S.Pd, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.