Penulis Utama : Prisma Putra Ghirby Aseptama
NIM / NIP : G0012165
×

Latar Belakang: Komunikasi adalah salah satu kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh seorang dokter. Community-based education sebagai salah astu metode pembelajaran dalam kurikulum pendidikan kedokteran memiliki peran dalam pencapaian kompetensi komunikasi maupun kompetensi dokter yang lain. Fieldlab merupakan program pembelajaran di Fakultas Kedokeran Universitas Sebelas Maret yang menggunakan metode community-based education. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran fieldlab ini terhadap pencapaian kompetensi dokter pada aspek komunikasi.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik sampling secara purpossive sampling. Sampel penelitian adalah Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Sebelas Maret angkatan 2012 yang telah melewati semua topik fieldlab. Metode pengumpulan data pada penilitan ini menggunakan Focus Group Discussion (FGD) sebanyak 4 kelompok. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data content analysis.

Hasil Penelitian: Pada penelitian ini ditemukan beberapa poin dalam peran fieldlab dalam mencapai kompetensi pada aspek komunikasi.

Simpulan Penelitian: Fieldlab memiliki peran dalam peningkatan kompetensi pada aspek komunikasi pada mahasiswa kedokteran.

 

×
Penulis Utama : Prisma Putra Ghirby Aseptama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0012165
Tahun : 2017
Judul : Persepsi Mahasiswa Tentang Peran Fieldlab Dalam Pencapaian Kompetensi Dokter Pada Aspek Komunikasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-FAk Kedokteran-Prodi Pendidikan Kedokteran-G0012165-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ari Natalia Probandari, dr. MPH, Ph.D
2. Atik Maftuhah, dr
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.