Penulis Utama : Nadya Prita Maharani
NIM / NIP : G0013167
×

Latar Belakang: Berbagai penelitian menyatakan bahwa saat ini terdapat peningkatan angka persalinan sesar. Mengingat persalinan sesar terkait dengan morbiditas pasca persalinan, diperlukan evaluasi untuk menilai kondisi wanita pasca persalinan salah satunya melalui penilaian kualitas hidup. Sebuah studi menyatakan bahwa kualitas hidup merupakan indikator penting dalam pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan kualitas hidup pada wanita pasca persalinan normal dengan seksio sesaria.
 
Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat analitik observasional dengan menggunakan  desain potong lintang. Subjek penelitian adalah wanita yang melahirkan pada bulan September hingga Desember 2016 di Surakarta sebanyak 40 orang yang melahirkan dengan persalinan normal dan 40 orang dengan seksio sesaria. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Penilaian kualitas hidup pada sampel menggunakan kuesioner World Health Organization Quality of Life BREF (WHOQOL-BREF). Analisis data menggunakan uji Mann Whitney. Data diolah menggunakan Statistical Product And Service Solution (SPSS) 20.00 for Windows.

Hasil Penelitian: Hasil uji beda Mann Whitney untuk kualitas hidup secara umum, kepuasan kesehatan, domain fisik, psikologis, sosial dan lingkungan pada wanita pasca persalinan normal dengan seksio sesaria tidak menunjukkan perbedaan yang bermakna (p>0,05).

Simpulan Penelitian: Tidak didapatkan perbedaan kualitas hidup yang signifikan pada wanita pasca persalinan normal dengan seksio sesaria

×
Penulis Utama : Nadya Prita Maharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0013167
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan kualitas hidup pada wanita pasca persalinan normal dengan seksio sesaria
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-G0013167-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.