Penulis Utama : Wisnu Dwi Riyantha
NIM / NIP : D1514113
×

Dalam perkembangan ekonomi dewasa ini dimana dunia usaha tumbuh dengan pesat di Indonesia, pengusaha dituntut untuk bekerja dengan lebih efisien dalam  menghadapi  persaingan  yang  lebih  ketat  demi  menjaga  kelangsungan operasi perusahaan. Masalah produksi merupakan masalah yang sangat penting bagi perusahaan karena hal tersebut sangat berpengaruh terhadap laba yang diperoleh  perusahaan.  Apabila  proses  produksi  berjalan  dengan  lancar  maka tujuan perusahaan dapat tercapai, tetapi apabila proses produksi tidak berjalan dengan lancar maka tujuan perusahaan tidak akan tercapai. Untuk melaksanakan pengendalian  persediaan  yang  dapat  diandalkan  dan  dipercaya  tersebut,  maka harus diperhatikan berbagai faktor yang terkait dengan persediaan. Dalam pengendalian persediaan bahan baku ini, secara umum dapat dikatakan bahwa tujuan   dari   pengendalian   adalah   untuk   menekan   biaya-biaya   operasional seminimal mungkin sehingga akan mengoptimalisasikan kinerja perusahaan. Persediaan bahan baku merupakan salah satu faktor yang terpenting untuk melakukan kelancaran proses produksi dalam upaya peningkatan produktifitas. Dengan adanya persediaan bahan baku yang optimal dapat menimbulkan efesiensi perusahaan yang nantinya akan berpengaruh pada besarnya keuntungan yang diperoleh perusahaan.
Tujuan   pengamatan ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai proses   pengendalian   persediaan   bahan   baku   di   gudang   PT.   INDUSTRI KEMASAN SEMEN GERSIK mulai dari pengendalian persediaan bahan baku masuk hingga bahan baku didistribusikan.
Jenis pengamatan yang digunakan menggunakan metode deskriptif Kualitatif   yaitu memaparkan pola-pola nilai yang dihadapi, yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan yang terkait dengan perilaku informan  yang  diamati.  Sumber  data  diperoleh  dari  narasumber,  aktivitas, dokumen dan arsip. Teknik pengumpulan data menggunakan empat teknik yaitu teknik wawancara, observasi, dokumentasi serta analisis dokumen dan arsip.
Berdasarkan   hasil   pengamatan   yang   telah   dilakukan   digudang   PT.
INDUSTRI KEMASAN SEMEN GERSIK dalam kegiatan pengendalian persediaan bahan baku perusahaan ini menggunakan menggunakan proses pengendalian  yang terdiri  dari  proses-proses/tahapan-tahapan  seperti  :  tahapan pengecekan persediaan  bahan baku, tahapan pengendalian kegiatan pengadaan bahan baku, tahapan pengendalian kegiatan penerimaan bahan baku, tahapan pengendalian penyimpanan bahan baku, dan tahapan pengendalian kegiatan pendistribusian bahan bak

×
Penulis Utama : Wisnu Dwi Riyantha
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514113
Tahun : 2017
Judul : Pengendalian persediaan bahan baku untuk proses produksi di PT. Industri Kemasan Semen Gresik
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Prog. D III Manajemen Administrasi-D1514113-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Priyanto Susiloadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.