Penulis Utama : Saskia Nandatari
NIM / NIP : G0016198
×

Latar Belakang: Persalinan prematur adalah persalinan yang terjadi pada usia kehamilan sebelum 37 minggu. Persalinan prematur disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu anemia. Anemia dalam kehamilan merupakan masalah yang cukup sering terjadi terutama di negara berkembang. Anemia dalam kehamilan merupakan keadaan dimana nilai Hemoglobin ibu hamil dibawah 11 g/dl. Keadaan ini mengakibatkan penurunan jumlah oksigen yang dibawa ke janin sehingga mengakibatkan terjadinya hipoksia dan stress pada janin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara anemia pada ibu hamil dengan kejadian persalinan prematur di RSUD Dr. Moewardi Surakarta.

Metode Penelitian: Penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control, dilakukan pada bulan Agustus-September 2019 di RSUD Dr. Moewardi. Subjek penelitian adalah pasien yang mengalami persalinan prematur dan persalinan tidak prematur dalam kurun waktu Juni 2017 sampai dengan Juni 2019 di RSUD Dr. Moewardi. Penelitian dilakukan dengan mengolah data rekam medis. Pada penelitian dipilih sebanyak 70 sampel penelitian, yang terdiri masing-masing 35 sampel untuk kelompok kasus dan kontrol. Sampel diambil menggunakan purposive sampling. Data kemudian dianalisis menggunakan uji Korelasi Koefisien Kontingensi dan uji T-test Tidak Berpasangan.

Hasil: Didapatkan korelasi antara anemia dengan kejadian persalinan prematur bermakna secara statistik. Nilai korelasi sebesar 0,031 menunjukkan korelasi positif dengan kekuatan korelasi yang signifikan dan bermakna secara klinis. Selain itu, didapatkan perbedaan yang bermakna dan signifikan antara rata-rata nilai Hemoglobin ibu hamil dengan persalinan prematur dan tidak prematur, dengan nilai p sebesar 0,003.

Simpulan: Terdapat hubungan yang signifikan dan bermakna secara klinis antara anemia pada ibu hamil dengan kejadian persalinan prematur di RSUD Dr. Moewardi Surakarta pada Juni 2017 – Juni 2019.

Kata Kunci : Anemia, Persalinan prematur

×
Penulis Utama : Saskia Nandatari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016198
Tahun : 2020
Judul : Hubungan Anemia pada Ibu Hamil dengan Kejadian Persalinan Prematur di RSUD dr. Moewardi Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Pendidikan Kedokteran-G0016198-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Yudhistya Ngudi Insan K., Sp.OG.
2. Drs. Widardo, M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.