Penulis Utama : Ferdian Ahya Al Putra
NIM / NIP : D0415021
×

Indonesia merupakan Negara tertinggi di Asia Tenggara dan masuk dalam 10 besar Asia dengan jumlah perbudakan modern terbesar. Salah satu bentuk Modern Slavery adalah eksploitasi pada pekerja anak. Indikasi nyata pekerja anak di Indonesia pertama kali muncul tahun 1992 dan hingga saat ini persoalan tersebut belum juga teratasi. Menanggapi kondisi demikian, pemerintah Indonesia melakukan interaksi dengan International Labour Organization (ILO) untuk mengatasi persoalan ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa interaksi antara Indonesia dengan ILO mengenai Modern Slavery pada pekerja anak menggunakan perspektif Konstruktivisme, Konsep Modern Slavery dan Konsep Decent Work. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu berupa studi literatur.
Penelitian ini menghasilkan bahwa interaksi ILO dengan Indonesia menghasilkan suatu realita berupa produk hukum nasional (konvensi yang telah diratifikasi) dan program-program bersama untuk mengatasi pekerja anak yang disebut dengan International Programme on the Elimination of Child Labour (IPEC). Realita ini memberikan dampak ke arah yang positif dimana hingga tahun 2018, sebanyak 105.956 pekerja anak telah ditarik dari tempat kerja. Walaupun demikian, kasus pekerja anak sebagai bentuk dari perbudakan modern, masih cukup tinggi, sehingga ini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia untuk kedepannya.

Modern Slavery, International Labour Organization (ILO), Konstrukstivisme, Pemerintah RI, IPEC. Modern Slavery, International Labour Organization (ILO), Konstrukstivisme, Pemerintah RI, IPEC.

 

×
Penulis Utama : Ferdian Ahya Al Putra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0415021
Tahun : 2019
Judul : Interaksi International Labour Organization (ILO) dengan Indonesia Mengenai Modern Slavery pada Pekerja Anak
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Studi Hubungan Internasional-D0415021-2019
Kata Kunci : Modern Slavery, International Labour Organization (ILO), Konstrukstivisme, Pemerintah RI, IPEC.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andrik Purwasito, DEA .
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.