Penulis Utama : Kurniati Fadilah Burhanudin
NIM / NIP : G0016132
×

Latar Belakang: Flavonoid merupakan salah satu zat aktif berupa senyawa polifenol yang terkandung dalam daun sambung nyawa (Gynura procumbens) yang memiliki aktivitas biologis anti-oksidan, anti-inflamasi, anti-mutagenik, anti-karsinogenik, dan modulator fungsi enzim utama. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kadar flavonoid pada daun sambung nyawa (Gynura procumbens) dari teknik ekstraksi maserasi dan teknik ekstraksi perkolasi.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental deskriptif laboratorium yang dilakukan di Laboratorium Penelitian dan Pengujian Terpadu Universitas Gajahmada Yogyakarta (LPPT UGM Yogyakarta) dan Laboratorium Farmasi Universitas Gajah Mada. Sampel yang digunakan adalah daun sambung nyawa (Gynura procumbens) yang diekstraksi dengan teknik maserasi dan teknik perkolasi menggunakan pelarut etanol 96%. Analisis kadar flavonoid dilakukan secara kualitatif menggunakan teknik kromatografi lapis tipis (KLT) dan kuantitatif menggunakan spektrofotometri UV-Vis.
Hasil: Ekstraksi maserasi menggunakan etanol 96% menghasilkan 13,72 gram ekstrak daun sambung nyawa (Gynura procumbens), sedangkan ekstraksi perkolasi menggunakan etanol 96% menghasilkan ekstrak 10,11 gram ekstrak daun sambung nyawa (Gynura procumbens). Hasil KLT menunjukan keberadaan flavonoid pada kedua sampel ekstraksi. Berdasarkan hasil spektrofotomeri UV-Vis, kadar flavonoid pada daun sambung nyawa (Gynura procumbens) dengan teknik ekstraksi maserasi adalah 14,88%, sedangkan dengan teknik ekstraksi perkolasi adalah 5,85%.
Simpulan: Terdapat perbedaan kadar flavonoid pada daun Gynura procumbens dengan teknik ekstraksi maserasi dan teknik ekstraksi perkolasi dimana teknik ekstraksi maserasi menghasilkan kadar flavonoid yang lebih tinggi dibandingkan teknik ekstraksi perkolasi.

Kata Kunci : daun sambung nyawa, flavonoid, maserasi, perkolasi

×
Penulis Utama : Kurniati Fadilah Burhanudin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016132
Tahun : 2020
Judul : Perbandingan Kadar Flavonoid pada Daun Gynura Procumbens dari Teknik Ekstraksi Maserasi dan Perkolasi
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0016132-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Abdurahman Laqif, dr, Sp.OG(K).
2. Joko Sudarsono, S.Farm,MPH,Apt.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.