Penulis Utama : Achmad Erhanantya
NIM / NIP : K4613002
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bolabasket menggunakan media audio visual pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2016/ 2017.
Subjek dalam dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas X MIPA  6  SMA  Negeri  3  Boyolali  yang  berjumlah  35  siswa.  Penelitian  ini dilakukan  dalam  dua  siklus,  setiap  siklusnya  dilaksanakan  2  kali  pertemuan. Siklus I pertemuan 1 peserta didik melakukan teknik dasar dan variasi permainan bolabasket  sedangkan  dalam  pertemuan  2  melakukan  variasi  dan  kombinasi. Siklus II pertemuan I peserta melakukan   teknik dasar, variasi, dan kombinasi, sedangkan pertemuan 2 peserta didik melakukan kombinasi teknik dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Analisis data secara diskriptif kualitatif menggunakan teknik prosentase. Validitas data menggunakan triangulasi data.
Hasil analisis data menunjukkan peningkatan hasil belajar bermain bolabasket dari sebelum adanya tindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis diperoleh peningkatan sebagai berikut;  pada siklus  I yang dinyatakan tuntas mencapai 57,14% atau sebanyak 20 peserta didik dari 35 peserta didik, pada siklus II yang dinyatakan tuntas mencapai 88,57% atau sebanyak 31 peserta didik dari 35 peserta didik.
Berdasarkan hasil analisis data diatas maka penelitian ini dapat di simpulkan bahwa: penerapan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar keterampilan bermain bolabasket pada peserta didik kelas X MIPA 6 SMA Negeri
3 Boyolali Tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Achmad Erhanantya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613002
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Permainan Bolabasket Melalui Media Bantu Pembelajaran Audio Visual Pada Siswa Kelas X MIPA 6 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4613002-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd.
2. Pomo Warih Adi, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.