Penulis Utama : Rahmad Anung Prasetya Wibawa
NIM / NIP : K4313057
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah secara tertulis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Boyolali melalui penerapan Problem Based Learning.
Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan rincian setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek Penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 5 SMA N 2 Boyolali yang berjumlah 38 orang. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Data utama mengenai kemampuan argumentasi ilmiah tertulis siswa mencakup tiga aspek, yaitu claim, evidence, dan reasoning. Validasi data menggunakan teknik triangulasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Prosedur penelitian menggunakan metode spiral. Target penelitian ini peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah tertulis sebesar ?30?ri base line.
Hasil penelitian menujukkan penerapan Problem Based Learning meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah tertulis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Boyolali. Persentase capaian kemampuan argumentasi ilmiah tertulis pratindakan adalah 36,55% dengan kategori rendah, yang terdiri dari claim sebesar 50,88% tergolong kategori sedang; evidence termasuk kategori rendah sebesar 35,09%; dan reasoning tergolong kategori rendah sebesar 23,68%. Persentase capaian kemampuan argumentasi ilmiah tertulis siswa pada siklus I meningkat menjadi 57,89% dengan kategori sedang, yang terdiri dari claim sebesar 64,91% dengan kategori tinggi; evidence sebesar 56,14% dengan kategori sedang; dan reasoning sebesar 52,63% tergolong kategori sedang. Persentase capaian kemampuan argumentasi ilmiah tertulis siswa pada siklus II meningkat menjadi 86,55% dengan kategori sangat tinggi, yang terdiri dari claim sebesar 97,37% dengan kategori sangat tinggi; evidence sebesar 85,97% termasuk kategori sangat tinggi; dan reasoning sebesar 76,31% tergolong kategori tinggi. Data peningkatan kemampuan argumentasi ilmiah tertulis dari pratindakan hingga siklus II mengalami peningkatan sesuai target penelitian, yaitu ?30%.
Kata kunci: argumentasi ilmiah tertulis, problem based learning

×
Penulis Utama : Rahmad Anung Prasetya Wibawa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4313057
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan argumentasi ilmiah tertulis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 2 Boyolali
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Biologi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Biologi-K4313057-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Baskoro Adi Prayitno, M.Pd.
2. Drs. Marjono, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.