Penulis Utama : Karissa Rahma Azzahra
NIM / NIP : G0016124
×

Latar Belakang: Sindrom metabolik adalah sekelompok faktor risiko yang terkait dengan penyakit kardiovaskular dan diabetes. Sindrom metabolik berperan dalam menginduksi stress oksidatif  dan resistensi insulin yang berkaitan dengan kerusakan pada ginjal. Keadaan hiperlipidemia dan resistensi insulin menyebabkan berkurangnya luas area filtrasi sehingga mempengaruhi fungsi ginjal. Akar kelor memiliki kandungan antioksidan yang dapat menghambat kerusakan ginjal akibat sindrom metabolik. Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh pemberian ekstrak etanolik akar kelor pada fungsi dan histopatologi ginjal tikus Wistar sindrom metabolik.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian  eksperimental laboratorik pada 30 ekor tikus Wistar jantan. Tikus dibagi menjadi lima kelompok dimana setiap kelompok terdiri atas enam ekor tikus. Induksi sindrom metabolik dilakukan dengan pemberian diet tinggi lemak diberikan selama 28 hari, dan injeksi STZ-NA diberikan pada hari ke-25. Tikus pada kelompok III, IV, dan V diberikan ekstrak etanolik akar kelor dengan dosis 150 mg/kgBB, 250 mg/kgBB, dan 350 mg/kgBB.
Hasil: Pemberian diet tinggi lemak dan injeksi STZ-NA selama 28 hari berhasil menginduksi terjadinya sindrom metabolik pada tikus. Uji Friedman dan Kruskal-Wallis menunjukkan bahwa pemberian ekstrak etanolik akar kelor dengan dosis 150 mg/kgBB, 250 mg/kgBB, dan 350 mg/kgBB selama 28 hari dapat menurunkan kadar kreatinin tikus secara bermakna (p=0,028; p=0,028; dan p=0,028).  Dan pemberian ekstra etanolik akar kelor dengan dosis 350 mg/kgBB dapat menurunkan luas penampang glomerulus (p=0,033).
Kesimpulan: Pemberian ekstrak etanolik akar kelor dengan dosis 150 mg/kgBB, 250 mg/kgBB, dan 350 mg/kgBB selama 28 hari dapat menurunkan kadar kreatinin tikus. Pemberian ekstra etanolik akar kelor dengan dosis 350 mg/kgBB dapat menurunkan luas penampang glomerulus.

Kata Kunci : ekstrak akar kelor, kreatinin, luas penampang glomerulus, sindrom metabolik

×
Penulis Utama : Karissa Rahma Azzahra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016124
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanolik Akar Kelor (Moringa Oleifera, LAM.) terhadap Kadar Kreatinin dan Luas Penampang Glomerulus: Tikus Putih (Rattus Norvegicus) Model Sindrom Metabolik dengan Induksi STZ-Na dan Diet Tinggi Lemak
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Ilmu Kedokteran-G0016124-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Riza Novierta Pesik, dr., M. Kes.
2. Sarsono, Drs., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.