Penulis Utama : Siti Asiyah
NIM / NIP : K3513065
×

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui keberterimaan siswa terhadap suatu sistem informasi yang diterapkan berupa e-learning; dan 2) menganalisis pengaruh penerapan e-learning terhadap motivasi belajar peserta didik. Secara lebih spesifik penelitian akan mengevaluasi penerapan LMS edmodo dan schoology. 
Populasi dalam penelitian ini adalah 74 responden. Dengan rincian 32 siswa kelas X TKJ 1 dengan penerapan e-learning edmodo, 31 siswa kelas X TKJ 2 dengan penerapan e-learning schoology, 10 siswa kelas X AK 1 tanpa dilakukan tindakan apapun serta seorang guru mata pelajaran simulasi digital. Pengambilan subjek penelitian menggunakan metode non probability sampling dengan cara pengambilan purposive sampling dimana pengambilan sampel yang memenuhi kriteria yang telah ditentukan sebelumnya. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik kuisioner untuk mengukur penerimaan siswa terhadap sistem dan wawancara untuk data motivasi belajar. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis tematik.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. Pertama, responden menerima sistem informasi e-learning baik edmodo dan schoology dilihat dari persepsi manfaat dan persepsi kemudahan penggunaan yang merupakan tool TAM dengan persentase sebesar 80% setuju. Selanjutnya persepsi kemudahan penggunaan e-learning berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat. Kedua, penerapan e-learning berpengaruh positif terhadap persepsi manfaat. Ketiga, penerapan e-learning berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan penggunaan. Keempat, penerapan e-learning berpengaruh positif terhadap motivasi belajar siswa. Kelima, penerapan e-learning lebih baik jika dibandingkan dengan konvensional dalam mempengaruhi motivasi belajar siswa dikarenakan perubahan suasana dari pembelajaran konvensional menjadi pembelajaran inovatif. Akan tetapi, menjadi pembelajaran yang lebih tepat apabila penerapan e-learning dikolaborasikan dengan pembelajaran konvensional (blended learning).

Kata Kunci : technology acceptance model, TAM, e-learning, motivasi belajar, edmodo, schoology, pembelajaran konvensional

×
Penulis Utama : Siti Asiyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3513065
Tahun : 2017
Judul : Technology Acceptance Model (TAM) untuk menganalisis pengaruh implementasi E-Learning terhadap motivasi belajar siswa
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer-K3513065-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Cucuk W. Budiyanto, S. T., Ph. D.
2. Dr. A. G. Tamrin, M. Pd., M. Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.