Penulis Utama : Maya Sih Hika Pamungkas
NIM / NIP : S831702006
×

Miskonsepsi merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep dan prestasi siswa. Gaya berpikir siswa adalah salah satu faktor yang dapat menyebabkan terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui gaya berpikir siswa SMP kelas 7, 2) mengetahui miskonsepsi siswa SMP kelas 7 dengan gaya berpikir reflektif, implusif, quickly precise (QP), dan slowly imprecise (SI), 3) mengetahui efektivitas kartun konsep untuk meremediasi miskonsepsi siswa SMP kelas 7 pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan.
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 7.1 SMP A, siswa kelas 7C SMP B, dan siswa kelas 7PK.1 SMP C semester genap tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian kombinasi (mixed-methods) kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes.  Instrumen penelitian  berupa Matching Familiar Figure Test (MFFT) (Warli, 2010) dan four-tier. Analisis data dilakukan melalui analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) terdapat gaya berpikir reflektif, impulsif, dan SI pada SMP A; terdapat gaya berpikir reflektif, impulsif, QP, dan SI  pada SMP B; serta hanya terdapat gaya berpikir reflektif dan SI pada SMP C,
2)  persentase  miskonsepsi  siswa  reflektif  dan  QP  lebih  rendah  dibandingkan siswa impulsif dan SI, 3) kartun konsep dapat meremediasi miskonsepsi siswa SMP kelas 7 pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan.

Kata  Kunci:  miskonsepsi,  gaya  berpikir,  four  tier,  remediasi,  media  kartun konsep

 

×
Penulis Utama : Maya Sih Hika Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S831702006
Tahun : 2019
Judul : Analisis miskonsepsi ditinjau dari gaya berpikir siswa kelas 7 sekolah menengah pertama (SMP) dan upaya remediasinya menggunakan media kartun konsep (concept cartoon) pada materi fotosintesis dan respirasi tumbuhan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Sains
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog Studi Pendidikan Sains-S831702006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Sulistyo Saputro, M.Si, Ph.D.
2. Dr.rer.nat. Sri Mulyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.