Penulis Utama : Eva Fahmi Hidayati
NIM / NIP : D1514044
×

ABSTRAK
Eva Fahmi Hidayati, D1514044, Sistem Informasi Pengawasan Orang Asing Melalui APOA (Aplikasi Pelaporan Orang Asing) Di Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta, Program Diploma III, Manajemen Administrasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta, 2017, 84 Halaman.
Berdasarkan data mengenai peningkatan perlintasan orang asing di Bandara Adisucpto Yogyakarta pada Tahun 2016 dan data mengenai laporan bulanan pengawasan dan penindakan keimigrasian (Wasdakim) di Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta menguraikan tentang kasus permasalahan orang asing pada Tahun 2016. Dari data tersebut menunjukan bahwa masih terdapat orang asing yang penyalahgunakan visa/izin masuk dan melakukan kegiatan yang tidak sesuai dengan izin masuk ke Wilayah Indonesia khususnya di kota Yogyakarta.
Jenis pengamatan ini menggunakan observasi berperan. Lokasi pengamatan dilaksanakan di Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta diseksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan mengkaji dokumen atau arsip.
Berdasarkan hasil pengamatan menunjukan bahwa Pengawasan yang dilakukan di Kantor Imigrasi kelas 1 Yogyakarta salah satunya menerapkan sebuah sistem yang berinovasi sebagai bentuk pengawasan kepada orang asing melalui sistem APOA (Aplikasi Pelaporan Orang Asing). Sistem APOA berfungsi untuk mengetahui informasi keberadaan dan kegiatan orang asing di kota Yogyakarta. Sistem APOA merupakan jenis sistem yang terdiri Input, Process, Output. Selain itu, klasifikasi sistem APOA merupakan klasifikasi sistem terbuka yaitu sistem yang melibatkan pihak luar dalam sumber daya. Dan sistem APOA memiliki 2 jenis pengawasan yaitu pengawasan administratif dan lapangan selan itu, terdapat kelebihan sistem APOA ini salah satunya dapat mengetahui keberadaan serta tujuan orang asing yang datang di wilayah Indonesia khususnya di Kota Yogyakarta. Adapun kekurangan sistem APOA ini yaitu masih terdapat tempat penginapan dan masyarakat di kota Yogyakarta yang belum mengetahui adanya sistem APOA.


Kata kunci : Sistem Informasi APOA. Pengawasan Keimigrasian

×
Penulis Utama : Eva Fahmi Hidayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1514044
Tahun : 2017
Judul : Sistem Informasi Pengawasan Orang Asing Melalui Apoa (Aplikasi Pelaporan Orang Asing) di Kantor Imigrasi Kelas 1 Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2017
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP- Prog. Manajemen Administrasi -Eva Fahmi Hidayati-D1514044 -2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jamil, S.Sos, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.