Penulis Utama : Nada Tussqyah
NIM / NIP : G0016161
×

Latar Belakang: Dekade ini, perkembangan teknologi yang pesat melahirkan inovasi baru pada penggunaan internet, dan game online merupakan salah satu inovasi yang sangat populer dikalangan anak-anak, remaja, maupun dewasa muda. Namun, penggunanya bisa saja tertarik berlebihan hingga kecanduan game online itu sendiri, yang menyebabkan pengguna mengalami adiksi game online. Adiksi game online sendiri sudah diklasifikasikan dalam ICD-11 oleh WHO sebagai suatu penyakit yang dapat mengganggu pola hidup penggunanya sehari-hari, yang secara fisiologis dapat mempengaruhi irama sirkadian. Irama sirkadian yang tidak teratur dapat mengganggu pola tidur dan dapat menyebabkan insomnia. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini yang bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara insomnia dengan tingkatan adiksi game online pada siswa SMA di Surakarta.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross-sectional. Data penelitian didapat dari 139 siswa SMA Negeri 4 Surakarta yang mengisi kuesioner KSPBJ-IRS dan IGDS9-SF. Data dianalisis menggunakan uji Chi square  
Hasil: Dari penelitian didapatkan bahwa adiksi game online berhubungan kuat dan signifikan dengan kejadian insomnia (p = 0.001). Dengan interpretasi apabila nilai p < 0>Simpulan: Didapatkan hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan insomnia pada siswa SMA di Surakarta.  
 
Kata Kunci: Insomnia, Adiksi Game online, Siswa SMA.

×
Penulis Utama : Nada Tussqyah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016161
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Insomnia dengan Tingkat Adiksi Bermain Game Online pada Siswa SMA di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran-Prog. Kedokteran-G0016161 -2019
Kata Kunci : Insomnia, Adiksi Game online, Siswa SMA.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rohmaningtyas,dr.,Sp, KJ,M.Kes
2. Veronika Ika B,dr.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.