Penulis Utama : Chris Nandita Murniningtyas
NIM / NIP : G0016050
×

Latar Belakang: Menarche merupakan periode menstruasi pertama kali pada wanita yang juga menjadi tanda dimulainya maturasi seksual. Usia menarche dipengaruhi faktor genetik, kadar hormon, dan faktor eksternal lain termasuk merokok, aktivitas fisik, serta asupan makanan. Menarche yang terjadi terlalu dini atau lambat dapat menjadi faktor risiko penyakit kardiovaskuler (termasuk hipertensi) dan serebrovaskuler. Anak dengan hipertensi hampir 4 kali lipat lebih berisiko menderita hipertensi pada masa dewasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh usia menarche terhadap hipertensi pada remaja di Kota Surakarta.

Metode: Penelitian ini bersifat observasional analitik menggunakan rancangan penelitian cross sectional, yang dilakukan pada siswi kelas VII, VIII, dan IX SMP Pangudi Luhur Bintang Laut Surakarta September-Oktober 2019. Penentuan sampel dilakukan dengan cara consecutive sampling. Variabel bebas adalah usia menarche dan variabel terikat adalah hipertensi. Variabel luar yang dikontrol antara lain etnis, kondisi sosial ekonomi, berat bayi lahir, aktivitas fisik, dan kondisi psikis. Data kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi statistik dan dianalisis secara bivariat menggunakan Spearman Rank.

Hasil: Sebanyak 39 siswi memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi peneliti. Menarche dini dialami oleh 23 orang, sedangkan 16 lainnya mengalami menarche pada usia normal. Terdapat perbedaan bermakna antara usia menarche dan hipertensi dengan nilai p<0>

Simpulan : usia menarche dini mempengaruhi kejadian hipertensi pada remaja SMP di Kota Surakarta.

Kata Kunci : menarche, hipertensi, remaja SMP

×
Penulis Utama : Chris Nandita Murniningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016050
Tahun : 2020
Judul : Pengaruh Usia Menarche terhadap Hipertensi pada Remaja SMP di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2020
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0016050-2020
Kata Kunci : menarche, hipertensi, remaja SMP
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agustina Wulandari, dr., Sp.A., M.Kes.
2. Andhika Trisna Putra, dr., Sp.A.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.