Penulis Utama : Cynthia Hanny Lestari
NIM / NIP : G0016055
×

Abstrak

Latar Belakang: Selama ratusan tahun, anatomi telah menjadi landasan dari pendidikan kedokteran. Ilmu anatomi digunakan sebagai dasar dokter dalam mendiagnosis penyakit, menentukan pemeriksaan fisik, melakukan prosedur emergensi, mengetahui komplikasi dari prosedur terapeutik, dan saling bertukar informasi klinis, baik kepada pasien maupun antar tenaga kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan tujuan pembelajaran anatomi sistem urogenitalia yang terperinci untuk mahasiswa kedokteran sebagai bagian dari pengembangan kurikulum kedokteran di Indonesia.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Delphi. Subjek penelitian ini adalah dosen anatomi di Indonesia yang memenuhi kriteria yang sudah ditetapkan. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Kuesioner Delphi putaran pertama diisi dengan memilih domain kognitif Bloom antara C1-C6 dan responden menyusun kalimat tujuan pembelajaran sesuai materi inti. Pada putaran kedua, responden diminta memilih tingkat kepentingan tujuan pembelajaran yang telah diajukan pada kolom skala Likert 1-4, dengan level konsensus 60%.
Hasil: Putaran pertama Delphi menghasilkan 56 tujuan pembelajaran dari 216 poin materi inti dengan domain kognitif antara C1-C3. Sedangkan Delphi putaran kedua menghasilkan 54 tujuan pembelajaran.
Kesimpulan: Terdapat 54 tujuan pembelajaran sistem urogenitalia yang perlu diketahui, dengan domain kognitif antara C1-C3. Yang termasuk domain kognitif mengingat (C1) 5 poin, memahami (C2) 34 poin, dan mengaplikasikan (C3) 16 poin.

Kata Kunci : anatomi, konsensus, tujuan pembelajaran, Delphi, sistem urogenitalia

×
Penulis Utama : Cynthia Hanny Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0016055
Tahun : 2019
Judul : Konsensus Dosen Anatomi mengenai Tujuan Pembelajaran Anatomi Sistem Urogenitalia untuk Mahasiswa Kedokteran
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0016055-2020
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siti Munawaroh, dr., M.MedEd.
2. Nanang Wiyono, dr., M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.