Penulis Utama : Dony Rano Virdaus
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231508010
Tahun : 2018
Judul : Gaya komunikasi dalam berita televisi (produksi pesan pada program berita pojok kampung dan penerimaan pesan di kalangan masyarakat Jawa Timur)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Ilmu Komunikasi-S231508010-2018
Subyek : TELEVISI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penggunaan Bahasa daerah dalam program siaran berita Pojok Kampung JTV ini menarik untuk dijadikan sebagai sebuah bahan kajian, dimana program berita Pojok Kampung JTV ini menggunakan Bahasa daerah Jawa Timuran dengan   logat   Suroboyo-an   dalam   pemberitaan.   Keunikan   logat   bahasa Suroboyo-an yang merupakan budaya lokal Jawa Timur dikemas dalam sebuah tema berita   informasi kriminalitas dan info terkini yang menjadi salah satu program Pojok Kampung di JTV.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1). Mendeskripsikan dan menganalisis gambaran gaya komunikasi   program berita “Pojok Kampung” JTV dalam level teks. 2). Mendeskripsikan dan menganalisis gaya komunikasi produksi pesan program berita "Pojok Kampung" JTV dalam level konteks. 3). Mendeskripsikan dan menganalisis gaya komunikasi penerimaan pesan program berita "Pojok Kampung" JTV di kalangan masyarakat Jawa Timur dalam level konteks.
Aspek  komunikasi  penelitian  ini  akan  mengungkap  bagaimana  gaya
komunikasi dibedakan menjadi dua antara komunikasi konteks tinggi (high context communication) dengan komunikasi konteks rendah (low context communication) dalam program Pojok Kampung JTV dengan pendekatan teori yang disampaikan Edward T. Hall (1976). Teori gaya komunikasi Edward T. Hall memang memiliki hubungan erat dengan dengan komunikasi antarbudaya, kaitannya dengan media massa pengkajiannya dengan pendekatan komunikasi konteks  rendah  dan  konteks  tinggi.  Bagaimana  media  massa  melakukan tugasnya sebagai media informasi, menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan pendekatan-pendekatan yang lebih dekat dan ramah dengan budaya yang dianut oleh masyarakat setempat. Pendekatan teori produksi pesan menggunakan teori kontruksi realitas social yang membagi menjadi tiga konsep, yaitu Eksternalisasi, Objektivasi, Internalisasi yang disampakan oleh Peter L.Berger (1966) kemudian juga pendekatan penerimaan pesan yang membagi tiga posisi, posisi dominan, posisi oposisional dan posisi negosiasi yang disampaikan oleh Stuart Hall (1980) akan digunakan penulis untuk mengetahui produksi dan penerimaan pesan dalam komunikasi massa program berita “Pojok Kampung” JTV dalam level teks dan konteks.
Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif dengan pendekatan studi kasus tunggal di program Pojok Kampung. Lokasi penelitian di Kantor JTV Surabaya. Penelitian ini juga dilakukan di wilayah Jawa Timur bagian Timur

 

(etan) yaitu Kota Surabaya dan wilayah Jawa Timur bagian Barat (Kulon) Kota Ponorogo. 1) hasil gambaran visual dan verbal pojok kampung menggunakan gaya komunikasi konteks rendah (low context communication) pada pesan pemberitanan tema kriminalitas dan info terkini 2). Produksi pesan level konteks menggunakan kontruksi realitas social dengan konsep internalisasi pada pesan pemberitanan tema kriminalitas dan info terkini terjadi melalui bahasa dalam kehidupan sehari-hari yang di kemas dalam program berita pojok kampung JTV. Bahasa mencerminkan realitas, tetapi sekaligus dapat menciptakan realitas, 3). Penerimaan pesan level konteks secara visual dan verbal program berita pojok kampung JTV di kalangan masyarakat Jawa Timur Etanan mudah diterima dan dalam kalangan masyarakat Jawa Timur Kulonan penggunaan kosakata di Pojok Kampung terkesan tidak sopan.
Saran untuk penelitian lanjutan diharapkan ada pendekatan komunikasi
budaya  dalam  komunikasi  massa  untuk  menggali  gaya  komunikasi  yang berkaitan dengan produksi pesan dan penerimaan pesan program televisi di kalangan masyarakat Jawa Timur. Diharapkan penelitian lanjutan dengan pendekatan metode yang lain, seperti pendekatan metode kuantitatif atau mix method untuk mendapatkan hasil secara data dan sampel yang luas. Agar hasil penelitian lanjutan nantinya bisa dijadikan dasar yang kuat secara valid dan bisa dipertanggungjawabkan secara data maupun metodologi.

Kata  Kunci:  Gaya  Komunikasi,  TV Lokal,  Produksi  Pesan,  Penerimaan  Pesan,  Pojok
Kampung JTV

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
202002242221401001.jpg
BAB 1.pdf
BAB 2.pdf
BAB 3.pdf
BAB 5.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
BAB 3.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari, M.Si., Ph.D,
2. Dr. Andre N. Rahmanto, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana