Penulis Utama : Enggar Putri Hapsari
NIM / NIP : K7113071
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  meningkatkan  kemampuan  menyelesaikan soal cerita pecahan dengan model Problem Based Learning pada siswa kelas IVC SDIT MTA Gemolong Tahun Ajaran 2016/2017.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam  dua siklus.  Setiap  siklus  terdiri  dari  empat tahapan  yaitu  perencanaan, pelaksanaan, observasi,  dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IVC SDIT MTA Gemolong yang berjumlah 29 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif (Miles & Hubermen) yang terdiri dari tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan validitas isi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan melalui model Problem Based Learning pada siswa kelas IVC SDIT MTA Gemolong tahun ajaran 2016/2017.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan pada siswa kelas IVC SDIT MTA Gemolong Tahun Ajaran 2016/2017. Hal ini terbukti dengan   kondisi awal sebelum menerapkan model Problem Based Learning nilai rata-rata kelas sebesar 52,14 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 6,90% meningkat menjadi 68,88 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 51,72% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 81,31 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 82,76% pada siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita  pecahan  pada  siswa  kelas  IVC  SDIT  MTA  Gemolong  Tahun  Ajaran
2016/2017

×
Penulis Utama : Enggar Putri Hapsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113071
Tahun : 2017
Judul : Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan (penelitian tindakan kelas pada siswa kelas IVC SDIT MTA Gemolong tahun ajaran 2016/2017)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. PGSD-K7113071-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Jenny IS Poerwanti, M.Pd.
2. Drs. Kuswadi, M.Ag.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.