Penulis Utama : Kukuh Dwi Wijanarko
NIM / NIP : S011508005
×

Branding Tenun di Desa Troso sangat penting, karena Tenun di Desa Troso   sebagai   tekstil   yang   dapat   mencerminkan   status   seseorang   dalam masyarakat. Status Tenun di Desa Troso yang memiliki keindahan dan seringkali dipakai orang terkenal ini perlu dipromosikan dengan branding yang baik. Permasalahan utama Tenun di Desa Troso adalah selain harganya lebih mahal dari kain yang lain, promosi untuk membranding Troso juga sangat kurang. Visual Brand Tenun di Desa Troso di Kabupaten Jepara banyak ditampilkan melalui showroom sebagai setrategi komunikasi para pengusaha dengan kekhasan masing- masing  perusahaan  dengan  harapan  dapat  menarik  minat  wisatawan  untuk membeli tenun. Keinginan pengusaha Troso untuk lebih dikenal luas, tidak hanya melalui penghargaan seremonial, akan tetapi bagaimana Tenun di Desa Troso dapat lebih diminati masyarakat Indonesia dan dunia sebagai tekstil khas karya kreatif warga masyarakat desa Troso dengan nilai kebudayaan yang tinggi. Secara umum tujuan penelitian ini untuk mencari jawaban yang sesuai dengan permasalahan utama yaitu konsep branding berbasis industri kreatif dan strategi komunikasi  visual  brand  sehingga  memberi  dampak  terhadap  perkembangan Tenun di Desa Troso.
Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yaitu pendekatan yang digunakan karena pertimbangan pendekatan ini bersifat fleksibel, tidak kaku,tidak lazim mengidentifikasi suatu konsep, serta memberikan kemungkinan bagi perubahan-perubahan manakala ditemukan fakta-fakta yang mendasar, menarik, unik, dan bermakna di lapangan. Jumlah Informan dalam penelitian ini ada 5 orang. Jumlah informan diambil dari wawancara awal dengan Petinggi Troso yang merupakan orang paling tahu mengenai penelitian ini.
Harga tenun di desa troso cukup kompetitif, karena terdapat banyak persaingan. Harga masing-masing jenis produk dibedakan berdasarkan kualitas bahan baku yang meliputi benang dan pewarnaan, serta rumitnya motif.  Konsep branding Tenun di Desa Troso pada awalnya dijalankan pengusaha melalui Showroom  atau   tempat   untuk   memajang   atau  melakukan   display   hasil produksi. Strategi Komunikasi Visual Brand Tenun di Desa Troso banyak melalui Internet sebagai media utama dalam berpromosi dan branding. Prospek Brand Tenun  di  Desa  Troso  adalah  dengan  pemasaran  produk  yang  lain  dilakukan dengan   mengirimkan   barang-barang   ke   berbagai   tempat.   Sebagian   besar pemasaran dikirimkan ke Bali, Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan daerah-daerah di Luar Jawa seperti di Lampung, Sulawesi, NTB, Flores, Papua, dan lain-lain.\

 

Kata Kunci: Visual Branding, Tenun Troso, Strategi Komunikasi dan Wisata

×
Penulis Utama : Kukuh Dwi Wijanarko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S011508005
Tahun : 2018
Judul : Visual branding tenun troso kabupaten jepara sebagai strategi komunikasi wisata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Seni Rupa-S011508005-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nanang Rizali, MSD
2. Drs. Ahmad Adib, M.Hum., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.