Penulis Utama : Teky Widyarini
NIM / NIP : S961308007
×

Kanker payudara merupakan penyebab kematian tersering pada wanita, dan 69% kematian akibat kanker payudara terjadi di negara berkembang. Tamoxifen telah banyak digunakan sebagai pengobatan kanker payudara, melalui kemampuannya menghambat ikatan antara estrogen dengan reseptornya sehingga dapat menginduksi apoptosis. Propolis diketahui memiliki aktivitas anti kanker. Mekanisme utama efek antikanker propolis terkait dengan apoptosis dan juga melalui penghentian siklus sel. Cyclin D1 yang berperan pada pengendalian siklus sel, merupakan protein yang mengalami peningkatan ekspresi terbanyak pada kanker payudara.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek anti kanker ekstrak ethanol propolis (EEP) yang berasal dari Kerjo, Karanganyar pada kultur sel kanker payudara (MCF-7) melalui potensinya sebagai antikanker dalam penurunan ekspresi protein Cyclin D1 dan peningkatan apoptosis.
Merupakan penelitian experimental laboratories post test with control group non cross over design. Dilakukan pada sel MCF-7 dengan perlakuan pemberian konsentrasi (½IC50, IC50, 2IC50) EEP, 1IC50 tamoxifen, kombinasi 1IC50 (EEP + tamoxifen),  dan kontrol. Pengamatan ekspresi protein Cyclin D1 dengan metode imunositokimia dan pengamatan apoptosis dengan flowcytometry. Uji statistik menggunakan ANOVA, dilanjutkan dengan uji post hoc Tuckey. Dinyatakan bermakna bila p<0>Hasil penelitian didapatkan konsentrasi penghambatan 50% sel MCF-7 (IC50) oleh EEP= 121 ?g/mL, dan oleh Tamoxifen= 27 ?g/mL. Hasil uji ANOVA menghasilkan p=0,001, menunjukkan masing-masing kelompok berbeda secara menyakinkan. Semua perlakuan pemberian EEP dapat menurunkan ekspresi protein Cyclin D1 dan meningkatkan apoptosis sel (p<0>0,05).
Sehingga dapat disimpulkan bahwa semua konsentrasi EEP menurunkan ekspresi protein Cyclin D1 dan meningkatkan apoptosis sel. Pemberian EEP yang setara dengan pemberian tamoxifen terjadi pada 1IC50 EEP dan 2IC50 EEP, begitu pula dengan pemberian gabungan1IC50 (EEP+Tamoxifen).
Kata kunci : Ekstrak ethanol propolis, Cyclin D1, apoptosis, sel MCF-7

×
Penulis Utama : Teky Widyarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S961308007
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh ekstrak ethanol propolis terhadap penurunan ekspresi cyclin d1 dan peningkatan apoptosis pada kultur sel kanker payudara (cell line mcf-7)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Program Studi : PPDS Ilmu Penyakit Dalam
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Penyakit Dalam-S961308007-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Suradi Maryono, SpPD-KHOM, FINASIM
2. Prof. Dr. dr. H.M. Bambang Purwanto, Sp.PD-KGH, FINASIM
3. Drs. Sumardi, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.