Penulis Utama : Abel Galang Setiawan
NIM / NIP : I0115003
×

Ruas jalan Surakarta – Gemolong – Geyer Bts. Kab. Grobogan, yang terletak di Kabupaten Grobogan Propinsi Jawa Tengah mengalami kerusakan. Hal ini dicurigai karena sifat ekspansif pada lapisan tanah dasar (subgrade) jalan. Penelitian ini bertujuan menganalisis dan mengevaluasi stabilitas struktur perkerasan eksisting berdasarkan angka keamanan terhadap lendutan dan tegangan sehingga diperoleh alternatif desain perbaikan struktur perkerasan yang tepat.
Metode penelitian dilakukan dengan menganalisis karateristik tanah dasar dan menganalisis desain ketebalan pelat beton dengan variasi ketebalan pelat 10cm, 15cm, 20cm, 25cm, dan 30cm. Analisis dilakukan dengan program berbasis metode elemen hingga yaitu SAP-2000 dan analitis persamaan Westergaard sebagai pembandingnya. Dalam proses analisis dengan SAP- 2000, massa tanah dasar dimodelkan sebagai kumpulan pegas (elastic spring) yang berdiri sendiri dan tidak saling berhubungan sedangkan struktur perkerasan dimodelkan dengan elemen shell. Pemilihan alternatif desain berdasarkan hasil analisis struktur perkerasan yang dilakukan dengan SAP- 2000 dan analitis persamaan Westergaard.
Hasil analisis menunjukkan bahwa tanah dasar jalan termasuk lempung lanauan CH (High Clay) dengan potensi pengembangan yang tinggi. Desain struktur perkerasan kaku yang terdiri dari perkerasan beton bertulang dengan tebal 20cm, 25 cm, dan 30cm dapat dipakai untuk rehabilitasi ruas jalan Surakarta – Gemolong – Geyer Bts. Kab. Grobogan. Alternatif desain struktur perkerasan yang paling baik dipilih adalah struktur perkerasan beton semen bertulang tebal 20 cm. Dengan pertimbangan bahwa perkerasan kaku dengan tebal 20cm memenuhi persyaratan teknis yaitu momen yang relatif kecil pada dasar perkerasan, daya dukung yang besar, lendutan yang kecil, distribusi tegangan yang merata dan distribusi lendutan yang merata berdasarkan hasil evaluasi output momen, tegangan dan lendutan dari SAP-2000 dan analitis persamaan Westergaard.

 

×
Penulis Utama : Abel Galang Setiawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115003
Tahun : 2019
Judul : Analisis Ketebalan Pelat pada Perkerasan Kaku (Rigid Pavement) Menggunakan Software SAP-2000 (Studi Kasus : Ruas Jalan Surakarta – Gemoloong – Geyer BTS. Kab. Grobogan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0115003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setiawan, M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.