Penulis Utama : Andre Chrisma Tri Widodo
NIM / NIP : B0215009
×

Permasalahan  yang  dikaji  dalam  penelitian  ini  adalah  (1)  Bagaimana bentuk register yang terdapat pada grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya? dan (2) Bagaimana pemaknaan yang terkandung dalam register  grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya?

Tujuan penelitian ini  adalah (1) Mendeskripsikan bentuk register  yang terdapat pada grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya dan (2) menjelaskan pemaknaan yang terkandung dalam register grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya.

Penelitian  ini  merupakan  sebuah  penelitian  kualitatif  deskriptif.  Data dalam penelitian ini berupa kata (bentuk tunggal dan bentuk kompleks), frasa, bentuk abreviasi, dan bentuk gabungan yang termasuk register dalam grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya. Metode penyediaan data dalam penelitian ini adalah metode simak dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa metode padan referensial, metode padan translasional, dan  metode padan  pragmatis,  sedangkan  teknik  yang digunakan adalah teknik pilah unsur penentu (PUP). Kemudian, hasil analisis data yang telah dilakukan dalam penelitian ini disajikan dengan metode informal.

Simpulan dari penelitian ini adalah (i) Bentuk register yang ditemukan dalam grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya adalah (a) register yang berbentuk kata dan register yang berbentuk kata kompleks dengan jenis register berbentuk afiksasi, register berbentuk kata reduplikasi, dan register berbentuk pemajemukan; (b) register yang berbentuk frasa dengan jenis register yang  berbentuk  frasa  nominal  dan  register  yang  berbentuk  frasa  verbal;  (c) register yang berbentuk abreviasi dengan jenis register yang berbentuk singkatan dan register berbentuk kontraksi; dan (d) register yang berbentuk gabungan. (ii) Pemaknaan  register  dalam  grup  Facebook  Jual  beli  motor  bekas  Solo  & sekitarnya hanya dapat dipahami oleh anggota yang tergabung dalam grup Facebook  tersebut  dan  anggota  yang  melakukan  interaksi  dalam  Facebook tersebut. Dalam pemaknaannya terdapat istilah-istilah register yang hanya digunakan oleh anggota yang tergabung dalam grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya dan maknanya hanya dipahami oleh anggota yang tergabung dalam grup Facebook tersebut serta terdapat juga istilah-istilah yang berasal  dari  istilah  umum  yang  dapat  dimaknai  secara  denotatif  (pemaknaan secara umum dalam sebuah bahasa) dan dimaknai secara konotatif (pemaknaan setelah digunakan sebagai register dalam grup Facebook Jual beli motor bekas Solo & sekitarnya).

 

×
Penulis Utama : Andre Chrisma Tri Widodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0215009
Tahun : 2019
Judul : Register dalam Grup Facebook Jual Beli Motor Bekas Solo & Sekitarnya
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Indonesia-B0215009-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Henry Yustanto, M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.