Penulis Utama : Farah Alya Irsalina
NIM / NIP : G0015079
×

Latar belakang: Kecemasan pada mahasiswa kedokteran cenderung tinggi terutama pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Kecemasan dapat mempengaruhi working memory, working memory diperlukan dalam proses pembelajaran kedokteran.
Metode penelitian: Penelitian cross sectional dengan subjek 72 mahasiswa kedokteran tahun pertama Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan kriteria eksklusi memiliki skor L-MPPI lebih dari 10, riwayat minum alkohol, memiliki gangguan psikologis dan riwayat trauma kepala, serta mengonsumsi obat kortikosteroid, psikofarmaka, dan kafein selama dilaksanakan penelitian. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner kecemasan TMAS serta tes working memory berupa FDS (forward digit span test) dan BDS (backward digit span test) kemudian data dianalisis menggunakan uji Spearman. Data working memory juga dianalisis menggunakan uji Spearman dengan nilai ujian mahasiswa.
Hasil penelitian: Hasil uji nonparametrik Spearman pada kecemasan memberikan nilai p= 0,002 dan r= 0,030 pada FDS, serta nilai p= 0,336(p>0,05) dan r= -0,115 pada BDS, menunjukkan tidak ada korelasi signifikan antara working memory dengan nilai ujian mahasiswa.
Kesimpulan: Semakin tinggi tingkat kecemasan akan menurunkan working memory, namun tidak terdapat hubungan signifikan antara working memory dengan nilai ujian mahasiswa.

 

×
Penulis Utama : Farah Alya Irsalina
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015079
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Tingkat Kecemasan dengan Working Memory pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015079-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. R AJ Sri Wulandari, dr., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.