Penulis Utama : Galih Rizqi Aji Prabowo
NIM / NIP : I0115047
×

Pembangunan jalan dengan tipe perkerasan kaku sedang gencar dilakukan di Jawa Tengah. Sebelumnya sebagian ruas jalan di Jawa Tengah menggunakan perkerasan lentur, kemudian diganti dengan tipe perkerasan kaku. Beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan,   penyebab   utama   kerusakan   jalan   adalah   mutu pelaksanaan, drainase, dan beban berlebih (Sujianto 2012). Perkerasan kaku yaitu perkerasan yang menggunakan semen sebagai bahan pengikat sehingga mempunyai tingkat kekakuan yang relatif cukup tinggi bila dibandingkan dengan perkerasan lentur (Anas Ali, 2000).

Perkerasan kaku adalah salah satu solusi untuk menangani tanah dasar yang bermasalah. Maka dari itu diperlukan analisis lendutan dan tegangan pada perkerasan kaku untuk mengetahui persamaan linear hubungan antara variasi nilai CBR dengan lendutan dan tegangan. Penelitian ini mengambil desain ruas jalan Surakarta  –  Gemolong  –  Geyer  Bts.  Kab.  Grobogan  sebagai  objek  kajian pengaruh beban terhadap lendutan dan tegangan dengan variasi nilai CBR.

Penelitian dimulai dengan mengambil data shop drawing ruas jalan Surakarta – Gemolong – Geyer (Bts.Kab.Grobogan), kemudian  menentukan  beban sebesar 8,16 ton kemudian nilai CBR ditentukan mulai dari CBR 2%, 3%, 4%, 5% dan 6%. Analisis  dilakukan  dengan memasukkan  properti  material  pada program SAP-2000 dan analitis persamaan Westergaard sebagai pembandingnya. Dalam proses analisis dengan SAP-2000, massa tanah dasar dimodelkan sebagai kumpulan pegas (elastic spring) sedangkan struktur  perkerasan dimodelkan dengan  elemen  shell.  Pemilihan  alternatif  desain  berdasarkan  hasil  analisis struktur perkerasan yang dilakukan dengan SAP-2000 dan analitis persamaan Westergaard.

Hasil  analisis  desain  struktur  perkerasan  kaku  berupa  nilai  lendutan  dan tegangan  yang telah memenuhi  lendutan izin dan tegangan izin. Berdasarkan hasil analisis untuk desain perkerasan kaku yang terbaik dipilih dengan variasi nilai CBR 6% karena memiliki nlai lendutan dan tegangan yang relatif kecil.

 

×
Penulis Utama : Galih Rizqi Aji Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0115047
Tahun : 2019
Judul : Kajian Pengaruh Variasi Nilai CBR Tanah Dasar terhadap Perubahan Nilai Lendutan dan Tegangan yang Terjadi pada Perkerasan Kaku dengan Beban Lalu Lintas Tetap)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0115047-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setiawan, M.Sc., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.