Penulis Utama : Khairun Nisa
NIM / NIP : H0712109
×

ABSTRACK

Lahan kering merupakan salah satu ekosistem yang berpotensi besar untuk lahan budidaya. Tanaman Sacha Inchi (Plukenetia volubilis L.) merupakan tanaman perennial merambat yang berasal dari Peru dan mulai merambah ke daerah tropis seperti China dan Thailand. Arthropoda yang datang ke pertanaman dapat berperan sebagai hama, musuh alami, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keragaman arthropoda dan perannya pada pertamanan Sacha Inchi di lahan kering sehingga dapat diketahui potensi arthropoda budidaya tanaman tersebut.

Penelitian ini dimulai pada bulan Juni 2015-Desember 2015 di tegalan dusun  Mojosongo 01/07 Kebak, Jumantono, Karanganyar, Jawa Tengah. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode mutlak setiap minggu. Sampel diidentifikasi di lapang pada Arthropoda yang sudah diketahui dan di Laboratorium Hama dan Penyakit Tanaman Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta untuk mengetahui jenis Arthropoda yang belum diketahui, kemudian menghitung jumlah Arthropoda. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan menghitung keragaman Arthropoda dan kelimpahannya dengan mengolah dari data yang diperoleh.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa famili dari Fillum Arthropoda yang datang berjumlah 75 famili yang berasal dari 13 ordo, yaitu ordo Araneae, Ephemeroptera, Odonata, Orthoptera, Blattaria, Isoptera, Hemiptera, Homoptera, Thysanoptera, Coleoptera, Diptera, Lepidoptera, dan Hymenoptera. Berdasarkan perannya Arthropoda yang ditemukan terdiri atas 8% hama, 10% musuh alami (predator maupun parasitoid), dan 82% lain-lain (pengurai dan pollinator). Keragaman famili dalam Fillum Arthropoda termasuk dalam kategori rendah dengan nilai indeks keragaman Shannon-Weaver 0,692 dan indeks kemerataan Pielou 0,164 yang menunjukkan bahwa kemerataan rendah (dominansi tinggi).

 

×
Penulis Utama : Khairun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0712109
Tahun : 2017
Judul : Keragaman Arthropoda pada Sacha Inchi (Plukenetia Volubilis) di Lahan Kering
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Pertanian - 2017
Program Studi : S-1 Agroekoteknologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Pertanian-Prodi Agroteknologi Pertanian- H0712109-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ato Sulistyo, M.P.
2. Ir. Retno Wijayanti, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.