Penulis Utama : Avella Dena Melati
NIM / NIP : D0212024
×

ABSTRACK

Penggunaan Handphone merupakan salah satu wujud nyata dari penggunaan New Media. New Media merupakan semua bentuk media komunikasi yang berbasis teknologi komunikasi. Sebagai media komunikasi yang berbasis teknologi tentunya memiliki dampak bagi penggunanya yang memiliki berbagai macam latar belakang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan handphone dikalangan siswa SMPN 1 Surakarta beserta dampak yang ditimbulkan dari penggunaan handphone tersebut.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan metode Snowball Sampling. Sementara pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis.

Dari penelitian di peroleh hasil bahwa siswa SMPN 1 Surakarta semuanya telah menggunakan handphone dalam kegiatan sehari-harinya, baik siswa kelas 7, 8, maupun 9. Meskipun telah dilarang oleh pihak sekolah namun ternyata mereka tetap membawa handphone ke sekolah. Rata-rata diantara mereka telah menggunakan handphone yang dibekali dengan internet. Dalam sehari mereka menggunakan handphone selama 6-8 jam. Mereka menggunakan handphone mulai setelah bangun tidur, saat jam pelajaran Sekolah, saat jam istirahat Sekolah, saat waktu luang, saat bepergian, saat belajar di rumah, hingga saat akan tidur kembali. Fitur yang digunakan antara lain chatting (whatsapp, line, bbm); Social Media; browser; youtube, game, dan edmodo. Dari penggunaan handphone tersebut ternyata membawa dampak pada siswa, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positifnya adalah mempermudah komunikasi, mempermudah dalam memperoleh informasi, menjadi kreatif. Sedangkan dampak negatifnya adalah ketergantungan terhadap handphone, pemborosan, menjadi pemalas, kenakalan remaja, dan acuh tak acuh.

Kata kunci: penggunaan handphone, dampak penggunaan handphone, handphone dan remaja

 

 

×
Penulis Utama : Avella Dena Melati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212024
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Handphone & Dampak Penggunaannya Pada Pelajar (Studi Deskriptif Kualitatif Penggunaan Handphone & Dampak Penggunaannya pada Pelajar di kalangan siswa SMP N 1 Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0212024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.