Penulis Utama : Muhammad Falakh Abadi
NIM / NIP : D0213059
×

ABSTRACK

Seiring berjalannya waktu, dunia perkomikan mengalami perkembangan, sekarang komik tak hanya dapat ditemui dalam majalah ataupun buku saja, beberapa komikus juga meng-upload komik mereka didalam media yang terhubung dengan jaringan internet. Salah satunya adalah media instagram, akun instagram @komikin_ajah adalah sebuah akun penampung karya-karya komikus yang berkarya melalui media instagram seluruh Indonesia dengan jumlah follower berjumlah 1,8 juta follower.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kesenjangan kepuasan yang terjadi pada anggota dari Solo Comic Strip (SOMICSTRIP) dalam mengkonsumsi konten dari instagram @komikin_ajah. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratification dari Palmgreen (1985).

Data didapat dari penyebaran kuisioner kemudian akan diolah dalam spss untuk disilangkan melalui cross tab lalu akan diolah dengan rumus discrepancy dari Palmgreen. Penelitian ini mengambil seluruh anggota populasi sebagai sampel karena penarikan sampel tidak dimungkinkan untuk dilakukan.

Setelah dilakukan penelitian didapatlah angka yang menunjukkan bahwa kesenjangan yang terjadi pada responden tergolong tinggi dimana 5 dari 7 item berada pada presentas lebih dari 21%. Dan dua lainnya yaitu pada motif hiburan berada pada kategori kesenjangan yang sedang. Hal ini berarti tingkat pemenuhan kepuasan media berada dalam kategori memuaskan namun hanya berada pada tingkat yang rendah.

Kata kunci: uses and gratification, gratification sought, gratification obtained, gratification discrepancy

×
Penulis Utama : Muhammad Falakh Abadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213059
Tahun : 2017
Judul : Komik Instagram (Studi Uses and Gratification tentang Kesenjangan Kepuasan terhadap Komik Instagram @Komikin_ajah pada Anggota Solo Comic Strip)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0213059-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Ign. Agung Satyawan, S.E., S.I.Kom., M.Si., Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.