Penulis Utama : Putri Permata Sari
NIM / NIP : D0210093
×

ABSTRACK

Sejak diperkenalkan pada akhir tahun 2005, World Class University telah menjadi prioritas berbagai universitas di seluruh Indonesia, khususnya bagi Universitas Sebelas Maret. Untuk mendukung terwujudnya World Class University, sebuah universitas memerlukan sarana dan prasarana yang dapat menunjang kebutuhan civitas akademik. Salah satu sarana yang dapat dikembangkan adalah internet dan website yang dimiliki universitas. Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu lembaga akademis di Indonesia telah memanfaatkan internet sebagai media informasi. Melalui uns.ac.id dan jaringannya, UNS berupaya memberikan informasi dan kegiatan yang berkaitan dengan UNS kepada khalayak luas, khususnya mahasiswa. Akan tetapi, kajian terkait pemanfaatan jaringan website UNS pada mahasiswa UNS belum pernah dilakukan secara mendetail. Oleh karena itu, penulis membuat penelitian ini untuk mengkaji penggunaan jaringan website UNS pada mahasiswa UNS.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dimana penelitian ini berusaha untuk menganalisa suatu fenomena yang terjadi di masyarakat dengan menggunakan metode tertentu. Pengambilan data dilakukan dengan teknik Focus Group Discussion (FGD), dimana penulis mengadakan diskusi kelompok bersama peserta yang mewakili pihak mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa UNS adalah pengguna internet aktif, dimana mereka memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan seperti mencari informasi, berkomunikasi dengan orang lain, dan mencari media hiburan. Mereka juga menyadari pentingnya keberadaaan jaringan website UNS untuk memenuhi kebutuhan civitas akademik dan menggunakannya. Hanya saja, penggunaan jaringan website UNS pada mahasiswa hanya terbatas pada pemenuhan kebutuhan akademik ataupun pencarian informasi. Situs dalam jaringan website UNS belum menjadi prioritas utama mahasiswa saat mengakses internet. Hal ini disebabkan beberapa hal, yaitu informasi yang kurang up to date, konten informasi yang disajikan belum memenuhi kebutuhan informasi yang dibutuhkan mahasiswa, tampilan desain situs yang monoton dan kurang menarik, akses situs SIAKAD yang lamban di waktu tertentu, dan adanya situs yang memerlukan akses login yang belum diketahui mahasiswa.

Kata Kunci : Website Universitas, Pola Pemanfaatan, Mahasiswa

×
Penulis Utama : Putri Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210093
Tahun : 2017
Judul : Penggunaan Jaringan Website UNS dI Kalangan Mahasiswa UNS (Studi tentang Motivasi, Penggunaan, dan Fitur-Fitur yang Digunakan dalam Jaringan Website UNS di Kalangan Mahasiswa UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0210093-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nora Nailul Amal, S.Sos.,M.LMEd., Hons,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.