Penulis Utama : Putro Agung Nugroho
NIM / NIP : D0210094
×

ABSTRACK

Pada tahun 2015 pemerintah melaksanakan program baru guna mendukung proses berjalannya Ujian Nasional. Program ini di aplikasikan untuk tingkat SMA dan sederajat, yang dilaksanakan pada 13-15 April 2015. Program tersebut bernama Ujian Nasional Computer Based Test (CBT). Program ini adalah program ujian nasional dilakukan dengan cara mengerjakan soal melalui komputer dan tidak melalui pengisian lembar jawab kertas. Program ini dinilai akan lebih praktis dan efisien. Namun LPP TVRI Stasiun Yogyakarta yang merupakan lembaga penyiaran yang didanai oleh pemerintah berupaya menunjukan upaya yang dilakukan pemerintah dalam mendukung pelaksanaan program tersebut.

Tujuan penelitian ini bermaksud mengetahui independensi LPP TVRI Stasiun Yogyakarta dalam melakukan pemberitaan mengenai Ujian Nasional 2015 terkait dijalankannya program UN CBT. Kajian difokuskan pada program pemberitaan Kanal 22 TVRI Yogyakarta pada edisi 13-23 April 2015. LPP TVRI Yogyakarta dipilih karena merupakan lembaga yang didanai oleh Negara.

Penelitian ini merupakan studi deskriptif kualitatif menggunakan analisis wacana pada level teks yang dikembangkan Teun van Dijk. Dengan analisis teks, peneliti akan melihat bagaimana elemen-elemen tematik, skematik, semantik, sintaksis, stilistik, dan retoris digunakan oleh media untuk mengkonstruksikan wacana  program Ujian Nasional CBT lewat teks berita di program Kanal 22 dengan mengacu pada Kode Etik Jurnalistik. 

Penelitian ini berujung pada dua kesimpulan, yaitu LPP TVRI Stasiun Yogyakarta merupakan media yang independen dan berimbang. LPP TVRI Stasiun Yogyakarta  bersikap independen karena menuliskan kebenaran berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Dalam KEJ, independen adalah tidak berpihak, menggunakan narasumber yang berimbang yakni semua pihak mendapat kesempatan setara, dan memberikan berita yang akurat, narasumber berita haruslah yang benar-bersangkutan dan  LPP TVRI Stasiun Yogyakarta tidak hanya memberikan narasumber dari agent-agent pemerintahan namun juga dari siswa dan guru sebagai penyeimbang.

Kata Kunci: Computer Based Test, Independensi LPP TVRI

×
Penulis Utama : Putro Agung Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0210094
Tahun : 2017
Judul : Analisis Wacana Pemberitaan “Ujian Nasional” dalam Program Kanal 22 LPP TVRI Stasiun Yogyakarta Periode 13-23 April 2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0210094-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. A. Eko Setyanto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.