Penulis Utama : Rofi’atul Marfu’ah
NIM / NIP : D0212092
×

ABSTRACK

Slash fanfiction 2min yang diproduksi dan diterima oleh fan SHINee dalam Facebook merupakan salah satu aktivitas fandom dalam new media. Fan menggunakan new media yaitu Facebook, untuk aktivitas produksi dan penerimaan pesan slash fanfiction 2min.

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat gambaran identitas online penulis slash fanfiction 2min, isi pesan slash fanfiction 2min, serta bagaimana pesan slash fanfiction 2min diproduksi dan diterima di Facebook.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan metode analisis media siber yang terdiri dari dua unit analisis yaitu level teks dan konteks. Metode pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi di level teks dan wawancara online di level konteks. Sampel penelitian ditentukan dengan purposive sampling, yaitu dengan mencari informan yang memenuhi persyaratan yang ditentukan, yang terdiri dari 8 orang penulis dan 10 orang pembaca slash fanfiction 2min. Data level teks yang berupa screen capture identitas online dan pesan slash fanfiction 2min dianalisis dengan menggunakan analisis isi kualitatif. Analisis interaktif milik Miles dan Huberman digunakan untuk menganalisis data level konteks yang berupa hasil wawancara online dengan penulis dan pembaca slash fanfiction 2min.

Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah logika penyusunan pesan yang merupakan teori milik Barbara O’Keefe untuk menjelaskan produksi pesan slash fanfiction 2min dan teori decoding milik Stuart Hall untuk menggambarkan penerimaan pesan slash fanfiction 2min.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penulis slash fanfiction 2min memiliki 2 jenis identitas online yaitu identitas asli dan pseudonim. Jenis slash fanfiction 2min yang diproduksi ada 3 yaitu drabble, oneshot dan chaptered/series fic. Isi slash fanfiction 2min yang menyimpang dituliskan dalam bentuk pelukan mesra, ciuman dan hubungan intim sesama lelaki. Slash fanfiction 2min diproduksi dengan dua cara yaitu, Produksi Pesan Secara Spontan, dan Produksi Pesan dengan Konsep. Penerimaan pesan slash fanfiction 2min dibagi menjadi 2 posisi, yaitu (1) Komunikan menerima pesan apa adanya, dan (2) Komunikan menerima pesan dengan beropini.

Kata kunci: Slash Fanfiction, Fandom, New Media, Produksi Pesan, Penerimaan Pesan.

×
Penulis Utama : Rofi’atul Marfu’ah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212092
Tahun : 2017
Judul : Fandom dalam New Media (Produksi dan Penerimaan Pesan Slash Fanfiction 2min dalam Facebook Periode 1 Juli 2015 – 30 Juni 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0212092-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Prahastiwi Utari M.Si, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.